Ragam Teknik Marketing Menggunakan Instagram

JariBijak.com – Instagram adalah media sosial yang mempunyai banyak jumlah pengguna dan lebih dari 800 juta di seluruh dunia. Pada Negara Indonesia sendiri, untuk aplikasi berbagai foto dan video milik Facebook ini tercatat ada 88,22 juta terhitung sejak tahun 2021.

Dengan melihat fenomena tersebut tidak ada salahnya, ketika banyak masyarakat yang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran bisnis. Untuk saat ini media sosial Instagram menjadi pilihan banyak pemilik bisnis guna meningkatkan penjualan.

Terlebih lagi untuk bisnis dengan skala kecil, Instagram menjadi opsi yang paling tepat dalam menerapkan strategi pemasaran. Hal tersebut bisa dimanfaatkan, karena tidak membutuhkan biaya besar dalam proses pemasangan iklan.

3 Teknik Marketing Pada Media Sosial Instagram

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa untuk saat ini media sosial Instagram banyak dipergunakan sebagai media promosi. Akan tetapi, untuk menerapkan teknik marketing atau pemasaran ini bukan menjadi hal yang mudah. Mengutip dari website magnate.id, Ada 3 teknik yang bisa dipergunakan supaya strategi marketing bisa berjalan dengan lancar, yaitu:

1. Mencari Calon Konsumen yang Potensial

Pada saat menggunakan media sosial Instagram, Anda bisa mencari calon konsumen yang suka dengan jenis produk tersebut. Dengan melakukan hal tersebut kemungkinan besar, calon konsumen akan tertarik untuk melakukan transaksi.
Teknik yang bisa dilakukan adalah membuka akun kompetitor atau hastag yang berhubungan dengan produk tersebut. Selain itu, follow juga akun kompetitor dan hastag tersebut.

Lakukan teknik yang satu ini setiap hari dengan batasan jumlah. Contohnya, setiap hari hanya 20 orang. Anda juga boleh melakukan komunikasi dengan calon konsumen melalui komentar di akun kompetitor atau influencer.

2. Membuat Guidelines Profil Pada Instagram

Guidelines merupakan kerangka yang akan dipergunakan sebagai acuan di dalam kegiatan usaha. Feeds atau halaman muka yang ada di Instagram ini juga menjadi salah satu guidelines penting supaya bisa membangun profil usaha tersebut.

Maka dari itu, Anda harus membuat feeds tersebut supaya terlihat lebih estetis. Cara lain yang bisa dipergunakan adalah menyelaraskan warna di setiap foto dan juga video yang akan di upload.

Pastikan juga untuk latar belakang setiap foto dari produk tersebut juga terlihat menarik. Anda juga disarankan menggunakan template di setiap konten supaya bisa memberikan tampilan menarik.

Selain itu, pada saat membuat guidelines juga harus memperhatikan beberapa elemen. Gaya bahasa ketika melakukan komunikasi atau interaksi dengan audiens juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memperhatikan beberapa hal pada saat membuat Guidelines, Anda bisa merasakan kedekatan dengan calon konsumen.

3. Membuat Konten yang Berkualitas

Di dalam menerapkan teknik marketing pada Instagram, konten merupakan salah satu unsur utama yang harus diperhatikan. Selain itu, konten tidak hanya tentang foto produk saja. Akan tetapi juga ada beberapa hal yang bisa membuat konten menjadi menarik. Ada beberapa tips yang bisa dipergunakan untuk membuat konten menarik, yaitu:

● Membuat Konten untuk Feed
Isi konten tidak harus berbentuk foto produk. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan slideshow mengenai pengetahuan dari produk atau infografis.

● Memperingati Beberapa Hari yang Penting
Anda juga sangat disarankan ikut serta untuk memperingati beberapa hari penting. Contohnya, seperti hari besar Idul Fitri, Natal, Kemerdekaan dan masih banyak lainnya. Untuk teknik yang bisa dipergunakan adalah harus memberikan pengaruh terhadap minat calon konsumen dengan memberikan penawaran khusus.

● Membuat Kampanye
Anda juga dapat berkreasi dengan menggunakan konten ini. Sebagai contohnya, Anda bisa menampilkan beberapa video singkat tentang inspirasi di dalam membuat suatu produk terbaru yang akan diluncurkan pada waktu dekat.

● Caption Foto Berupa Artikel atau Storytelling
Pada akhir caption, Anda juga bisa membuat tulisan dengan tujuan supaya calon konsumen bisa tergiring untuk menggunakan produk tersebut. Tidak ada salahnya kata-kata yang dipergunakan ambigu atau membuat calon konsumen menjadi penasaran.

4. Rutin Melakukan Komunikasi dengan Followers

Supaya teknik marketing Instagram berhasil, maka Anda jangan malas-malasan untuk melakukan komunikasi secara rutin dengan followers. Tujuan dari teknik yang satu ini adalah untuk mengumumkan eksistensi bisnis Anda dengan para pelanggan.
Selain itu, teknik tersebut juga bisa menciptakan crows yang bisa dipergunakan juga untuk meningkatkan jumlah followers atau pelanggan. Di dalam membangun interaksi dengan followers, Anda bisa mengikuti beberapa hal sebagai berikut:

● Membalas semua komentar yang telah ditinggalkan oleh followers di postingan tersebut.

● Menyelenggarakan giveaway pada saat tertentu. Hadiah giveaway bisa diambilkan dari produk yang Anda miliki.

● Membuat kuis di story dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan produk Anda.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 4 teknik marketing yang bisa dipergunakan pada media sosial Instagram. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang mempunyai usaha dan ingin melakukan pemasaran di media sosial.

Baca Juga: Akun Alter di Media Sosial Tanda-Tanda Kepribadian Ganda? Cek Penjelasannya Disini Yuk

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here