Akun Alter di Media Sosial Tanda-Tanda Kepribadian Ganda? Cek Penjelasannya Disini Yuk

JariBijak.com – Akun alter dimiliki oleh satu orang yang sama, namun isi yang ditampilkan bisa berbeda dengan dirinya di akun lain atau kehidupan pribadinya.

Perlu digarisbawahi bukan berarti ini wujud dari kepribadian ganda loh. Banyak alasan dari munculnya akun alter, kebanyakan akun alter menjadi ruang bebas untuk berpendapat, berinteraksi, dan berekspresi tanpa takut adanya pandangan negatif dari orang yang dikenal.

“Di kehidupan aslinya dia kok pendiam banget, tapi di akunnya yang lain, kok dia bisa vokal banget ya ngomongin banyak hal? terus juga, penampilannya beda banget, seperti beda orang!”

Akun alter biasanya dibuat untuk menunjukkan sisi lain dari diri si pengguna, yang dia tidak mau tampakkan di akun aslinya, atau di kehidupannya.

Mungkin, dia tidak nyaman, atau sisi lain ini bisa bertentangan dengan nilai yang dia tampilkan di kehidupan sehari-hari

Nah, akhirnya kebebasan berekspresi ini dituangkan di akun alter yang di sana, dirinya tidak dikenali oleh orang lain karena identitasnya berbeda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keberadaan akun alter ini bisa sebagai wujud dari alter ego atau “diri yang lain”.

Dengan alter ego, orang bisa menjadi berbeda dengan kepribadian yang ditampilkan. Misalnya, dari lemah menjadi tangguh atau dari pemalu menjadi cerewet.

Di media sosial, alter ego dimunculkan lewat sebuah akun alternatif di mana seseorang dapat seolah-olah menjadi orang lain.

Ketika di akun media sosial yang asli, biasanya orang tersebut nggak bisa untuk berekspresi bebas, lalu dia bisa membuat akun media sosial lainnya untuk bersenang-senang atau beropini tanpa takut identitas aslinya diketahui.

Lalu, apa perbedaan dari alter ego dan kepribadian ganda? Kemunculan alter ego diciptakan secara sadar dan bisa dipilih kapan saja jika hanya orang tersebut ingin menggunakannya.

Sedangkan, kepribadian ganda adalah kepribadian yang muncul dan tidak dapat dikendalikan, sehingga tidak dapat diketahui kapan kepribadian lainnya akan muncul keluar.

Tentunya, untuk sebagian besar orang bermain sebuah akun alter begitu menyenangkan. Akan tetapi, jangan sampai akun altermu tersebut digunakan untuk menyakiti orang lain yang membahayakan dirimu sendiri ya.

Baca Juga: Main Media Sosial Secukupnya Bantu Jaga Kesehatan Mental

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here