Jelang Hari Raya Waisak, Polisi Jaga Ketat Vihara di Tegal

PUSKAPIK.COM, Tegal – Menjelang Hari Raya Waisak 2565 yang jatuh pada Rabu, 26 Mei 2021, aparat Kepolisian di Kota Tegal melakukan pengecekan ke tempat ibadah umat Buddha, Selasa sore, 26 Mei 2021. Salah satunya di Metta Vihara, yang berlokasi di Jalan Udang, Kota Tegal.

Pengecekan yang dilakukan personel Polsek Tegal Barat tersebut, untuk memastikan kesiapan pengurus Vihara menyambut upacara Hari Raya Waisak, khususnya soal penerapan protokol kesehatan.

“Yang intinya kita ingin mengetahui kesiapan pelaksanaan Waisak besok. Tadi dapat keterangan dari pengurus, pelaksanaan tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” kata Kapolsek Tegal Barat Kompol Aries Heriyanto kepada Puskapik.com di sela-sela pengecekan, Rabu sore, 25 Mei 2021.

Aries menambahkan, umat Buddha yang mengikuti perayaan Waisak di Metta Vihara dibatasi hanya 40 orang, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sedangkan guna mengamankan perayaan Waisak di Metta Vihara, akan disiagakan 50 personel Polres Tegal Kota di sekitar Vihara.

“Pengamanan diawali dari sterilisasi dulu berkoordinasi dengan Kasat Sabhara, agar mengantisipasi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga tempat ini steril digunakan untuk kegiatan Waisak,” tandas Aries.

Ia menjelaskan, pengamanan perayaan Hari Raya Waisa di Metta Vihara akan dilakukan secara terbuka dan tertutup, melibatkan personel berseragam maupun personel dari Reskrim dan Intel.
Selain itu, pada saat datang ke Vihara, umat diimbau tidak membawa tas atau sejenisnya.

“Kita imbau umat tidak membawa tas. Kalaupun ada yang membawa akan kita lakukan pemeriksaan secara ketat,” tegas Aries.

Gunarso, salah satu pengurus Metta Vihara menjelaskan, dari total umat Buddha yang ada di kota Tegal, hanya 40 orang yang akan mengikuti perayaan Waisak di Metta Vihara.

“Karena masih pandemi, yang ikut perayaan Waisak besok hanya 40 umat. Itu dengan prokes ketat. Kalau jumlah umat ada 200,” kata Gunarso.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Iklan

Begini Cara agar Pemilu Damai 2024 Bisa Tercipta

Jaribijak - Jakarta - Di tahun 2024, Indonesia menyaksikan sebuah peristiwa besar dalam sejarah...

Begini Langkah Mudah dan Cepat Cara Cek IMEI Smartphone Anda!

  Jakarta - Informasi cara cek IMEI smartphone penting untuk diketahui setiap pengguna, baik untuk...

Catat! Daftar Tanggal Merah Februari 2024 yang Bisa Dipakai untuk Berlibur

JariBijak - Memasuki bulan Februari 2024, informasi terkait tanggal merah kini tengah banyak dicari.  Perlu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here