Inilah Kelebihan & Kekurangan Internet agar Lebih Bijak Menggunakannya!

Hampir semua orang tahu dan menggunakan internet. Menurut laporan dari We Are Social dan Hootsuite, 4,5 miliar orang di seluruh dunia akan menggunakan internet pada tahun 2020. Jumlah ini sesuai dengan 60 persen dari total populasi dunia pada periode yang sama. .

Internet adalah singkatan dari Interconnection Network, yang didefinisikan sebagai suatu sistem yang dapat menghubungkan semua jaringan komputer di berbagai wilayah di dunia.

Ibaratkan pedang bermata dua, Internet juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan Internet berjalan seiring dengan kehidupan sosial.

Pengguna internet harus lebih cerdas dalam menggunakan internet Apa kelebihan dan kekurangan internet?

 

Kelebihan Internet

Sebagai sistem yang bisa menghubungkan antar perangkat di seluruh dunia, kelebihan internet yang bisa dimanfaatkan adalah:

1. Akses informasi yang mudah dan cepat

Kelebihan internet yang pertama adalah kemampuan akses informasi yang mudah dan cepat. Semua orang bisa mengakses informasi tentang segala hal dari seluruh wilayah di dunia dengan internet.

Sebelum internet hadir, mengakses informasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung pusat informasi itu. Kini, mengakses informasi bisa dilakukan dengan hitungan detik.

2. Memperluas jaringan sosial

Memperluas jaringan sosial menjadi kelebihan internet berikutnya. Internet tidak hanya menghubungkan antar perangkat, melainkan juga orang yang menggunakan perangkat itu.

Anda bisa memperluas jaringan sosial atau pertemanan Anda hingga lintas batas negara lewat media sosial yang ada di internet.

3. Mempermudah transaksi keuangan

Kemudian, kelebihan internet ketiga adalah mempermudah transaksi keuangan. Dengan kehadiran internet, transaksi keuangan untuk menjual atau membeli barang, kini bisa dilakukan hanya melalui layar ponsel.

Anda bisa mengakses layanan e-commerce yang banyak tersedia di internet untuk membeli atau menjual barang ke seluruh wilayah dengan cara lebih efisien.

4. Mempermudah kegiatan pendidikan

Kelebihan internet berikutnya adalah mempermudah kegiatan pendidikan. Dengan internet, seorang pelajar bisa memperoleh ilmu pengetahuan tidak hanya dari guru. Banyak buku atau bahan bacaan yang tersedia di internet.

5. Media hiburan

Selain mempermudah pendidikan, kelebihan internet adalah dapat berfungsi sebagai media hiburan.

Anda bisa menonton video, mendengarkan musik, atau bermain game melalui berbagai platform yang ada di internet.

 

Kekurangan Internet

Internet bukan tanpa celah. Di balik kelebihannya, terselip pula kekurangan internet yang bahkan bisa mengancam keamanan penggunanya. Adapun kekurangan internet itu adalah sebagai berikut:

1. Cyber crime atau kejahatan siber

Kekurangan internet yang mungkin banyak terpublikasi adalah soal cyber crime atau kejahatan siber, yang meliputi tindakan seperti penipuan, pencurian, pembajakan, dan sebagainya. Banyak orang yang memanfaatkan internet untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Misalnya, orang tersebut menyebarkan malware atau virus di situs dalam internet, yang tujuannya untuk menyerang dan mencuri data pribadi yang tersimpan di perangkat pengguna. Kemudian, orang tersebut bakal meminta tebusan uang agar data itu dikembalikan.

2. Spam

Kekurangan internet berikutnya adalah Spam. Spam sendiri sering menjadi istilah untuk menyebut kiriman iklan atau pesan tidak diinginkan yang diterima pengguna.

Selain iklan, Spam bisa muncul sebagai pesan masuk di e-mail yang juga bersifat tidak penting. Spam tersebut cukup mengganggu, bahkan dalam beberapa kasus Spam bisa membuat perangkat menjadi eror karena memuat konten yang terlalu banyak.

3. Ketagihan belanja

Di atas sempat disebutkab bahwa kelebihan internet adalah memduahkan orang berbelanja. Tapi, hal itu juga menjadi kekurangan internet jika tidak bisa dikontrol.

Akses belanja yang sangat mudah dilakukan via internet bisa membuat orang ketagihan belanja dan boros.

Dalam kasus tertentu, sebagian orang bahkan tidak memikirkan kembali kondisi keuangannya. Mereka akan terdorong untuk membeli barang-barang di e-commerce karena tergiur dengan informasi barang yang ditampilkan atau tawaran promo yang diberikan.

4. Alienasi sosial

Kekurangan internet yang berikutnya adalah terjadi alienasi sosial atau keterasingan sosial.
Sederhananya, konsep ini menggambarkan di mana seseorang merasa terasing dari kelompok yang seharusnya “akrab” dengan mereka. Kelompok itu bisa teman, keluarga, atau masyarakat luas.

Ketika orang terlalu sering menghabiskan waktu di internet, ia bisa terjebak dalam ekosistem atau lingkungan dunia maya yang sering berinteraksi dengannya. Hal ini didorong pula oleh algoritma media sosial yang mencekoki pengguna internet dengan konten yang mirip.

Di level tertentu, dampak ketergantungan internet atau media sosial yang mungkinan terjadi  adalah membuat pengguna sulit membedakan antara dunia maya dengan realita sosial yang harusnya dihadapi.

Demikian kelebihan dan kekurangan internet yang dirangkum KompasTekno dari Geeks of Geeks. Semoga bermanfaat dan bisa semakin bijak dalam menggunakan internet.

Begini Cara agar Pemilu Damai 2024 Bisa Tercipta

Jaribijak - Jakarta - Di tahun 2024, Indonesia menyaksikan sebuah peristiwa besar dalam sejarah...

Begini Langkah Mudah dan Cepat Cara Cek IMEI Smartphone Anda!

  Jakarta - Informasi cara cek IMEI smartphone penting untuk diketahui setiap pengguna, baik untuk...

Catat! Daftar Tanggal Merah Februari 2024 yang Bisa Dipakai untuk Berlibur

JariBijak - Memasuki bulan Februari 2024, informasi terkait tanggal merah kini tengah banyak dicari.  Perlu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here