Bahaya! Download Aplikasi Clubhouse di Android

Jakarta – Sebagai media sosial (medsos) pendatang baru, Clubhouse berhasil menyita perhatian. Eits, tapi kalian para pengguna smartphone Android jangan download aplikasi Clubhouse dulu, berbahaya!

Saat ini, Clubhouse baru tersedia di perangkat iPhone, iPad, serta iPad Touch yang menjalankan iOS 13.0 dan iPadOS 13.0 atau di atasnya. Sementara di Android berlum tersedia.

Alpha Exploration Co sebagai pengembang tengah mempersiapkan aplikasinya untuk perangkat Android. Mereka mengaku telah merekrut satu developer untuk menggarapnya.

Tapi viralnya Clubhouse ditambah rasa penasaran yang membucah bikin pemilik ponsel Android melakukan segala cara agar tidak ketinggalan tren. Salah satunya men-download aplikasi Clubhouse tidak resmi.

Perusahaan keamanan internet Kaspersky mewanti-wanti para pengguna mewaspadai aplikasi menyamar Clubhouse for Android.

“Terdapat dua hal penting di sini: pertama, the sale of invites (penjualan undangan); dan aplikasi palsu. Kedua skenario disatukan oleh satu hal, yaitu keinginan untuk mengeksploitasi minat para pengguna di platform sosial,” ujar Kaspersky dalam keterangan tertulisnya.

Skenario pertama adalah monetisasi dalam skala kecil. Namun, skenario kedua sifatnya jauh lebih serius. Para pelaku kejahatan siber dapat mendistribusikan kode berbahaya dengan menyamar sebagai perangkat lunak populer, misalnya, versi palsu Clubhouse untuk Android.

Kaspersky mengatakan bahwa aplikasi Clubhouse palsu berbahaya itu kemudian dapat melakukan persis seperti yang pengguna perangkat izinkan dalam pengaturan keamanan Android Anda – untuk memperoleh titik lokasi perangkat baik kasar maupun akurat, merekam audio dan video, mendapatkan akses ke messenger, dan lain-lain.

Beberapa trik yang tidak biasa juga memungkinkan terjadi. Kaspersky mencontohkan, jika para pelaku kejahatan siber mengimplementasikan kapasitas untuk merekam audio, dan fungsi ini diizinkan pada perangkat, mereka akan dapat menggunakan rekaman berkualitas tinggi untuk melatih algoritme mesin mereka, untuk membuat deep fake yang lebih canggih.

“Cara terbaik untuk menjaga keamanan adalah dengan selalu waspada tentang apa yang diunduh, dan menjaga pengaturan keamanan secara tepat pada ponsel cerdas Anda,” komentar Denis Legezo, pakar keamanan di Kaspersky.

(agt/fay)

TikTok Luncurkan Whee, Aplikasi Media Sosial Khusus Berbagi Foto

JariBijak.com - TikTok, platform media sosial populer, secara diam-diam merilis aplikasi baru bernama Whee...

Elaelo Media Sosial Lokal yang Diklaim Pengganti X dan Bikinan Pemerintah, Kini Tak Bisa Diakes

JariBijak.com - Baru-baru ini, muncul aplikasi bernama Elaelo yang diklaim sebagai buatan Pemerintah RI....

Serba-Serbi Tiket PRJ 2024: Info Harga dan Pembelian Online

JariBijak.com - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran 2024 resmi dibuka pada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here