Viral Video di WhatsApp yang Bisa Bikin HP Lag hingga Mati, Apa Sebabnya?

Jaribijak.com – Beberapa hari terakhir ini di TikTok, viral terdapat video yang ketika ditonton membuat handphone (HP) pengguna jadi “ngelag” atau tak bergerak hingga mati. Video viral yang bikin HP ngelag itu ramai disebarkan di aplikasi WhatsApp (WA).

Beberapa pengguna mendapatkan video viral yang bikin HP ngelag tersebut melalui unggahan status dan ruang obrolan WA. Contoh video viral bikin HP mati itu bisa dilihat lewat salah satu unggahan TikTok dari akun @rivaliz, sebagaimana tertera di bawah ini.

@rivaliz Hati Hati !! Jebakan video virtex whatsapp yang bisa membuat hp me restart sendiri ( SC ; Firman Fathoni ) #whatsapp #fyp #foryoupage #viral #trending ? WORTH NOTHING – Fast & Furious: Drift Tape/Phonk Vol 1 – TWISTED

Dalam unggahan TikTok tersebut, tampak seorang pengguna memutar sebuah video yang dikirim di ruang obrolan WA pada HP. Video itu secara garis besar berisi seseorang yang tengah memasuki tempat umum seperti kafe.

Saat awal diputar, video berdurasi sangat singkat sekitar delapan detik itu tak menunjukkan keanehan. Di detik-detik akhir akan selesai, video terhenti dan HP pengguna pun ngelag. Setelah itu, HP pun mati dan memuat ulang (restart).

Pada kolom komentar unggahan TikTok @rivaliz itu, sejumlah pengguna mengaku ada pula yang turut mengalami masalah serupa ketika memutar video tersebut di HP-nya. Namun, ada juga pengguna yang mengaku HP-nya tidak bermasalah ketika memutar video itu.

Kemudian, tak sedikit pula pengguna lain yang kebingungan atas penyebab video viral itu bisa bikin HP mati. Untuk diketahui, video di WhatsApp bikin HP ngelag yang marak beredar itu sekarang banyak disebut juga dengan video Virtex WA.

Di TikTok, selain @rivaliz, masih bisa dijumpai akun-akun lain yang juga mengunggah efek video Virtex WA di HP. Dalam menunjukkan efek video Virtex WA, kebanyakan akun diketehui menggunakan jenis HP berbasis Android.

Melihat keramaian ini, lantas apa penyebab video Virtex WA bisa bikin HP ngelag hingga mati? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab video Virtex WA bisa bikin HP ngelag

Praktisi keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya mengatakan bahwa video Virtex WA merupakan video yang dirancang untuk bisa menyebabkan height overflow (arus pemrosesan yang sangat tinggi), sehingga ponsel Android tertentu bisa lag.

Baca juga: Bahaya, Jangan Download WA GB jika Data Pribadi Tak Ingin Dicuri

“Ini (video Virtex WA) adalah video yang dirancang sedemikian rupa sehingga menyebabkan height overflow dan di ponsel Android tertentu menyebabkan hang atau lag,” kata Alfons kepada KompasTekno, Kamis (9/3/2023).

Istilah “Virtex” pada video Virtex WA yang marak beredar itu merujuk kepada “Virtual Text”. Menurut Alfons, Virtual Text sendiri merupakan teks atau kode yang dapat membuat arus pemrosesan pada aplikasi (dalam hal ini adalah WhatsApp) menjadi sangat tinggi.

Video yang mengandung serangkaian kode itulah, dikatakan Alfons dapat memaksa hardware pada HP bekerja secara ekstra, sehingga bisa menyebabkan lag pada ponsel tertentu, terutama ponsel dengan keterbatasan hardware atau berspesifikasi rendah.

“Video ini (video Virtex WA) memanfaatkan keterbatasan hardware perangkat Android tertentu, sehingga ketika menampilkan video akan memaksa hardware bekerja di luar batas jangkauannya sehingga menyebabkan hang, lag, atau eror,” ujarnya.

Untuk dampak yang bisa dihasilkan, Alfons lebih lanjut menuturkan bahwa video Virtex WA hanya membuat HP ngelag hingga mati total, tetapi tidak sampai ke pencurian data pribadi.

“Dampaknya hanya terbatas lag, mati total saja. Jadi, tidak ada dampak lain seperti pencurian data dan sejenisnya,” imbuh Alfons.

Sementara itu, jika mendapatkan pesan berisi video Virtex di WA, lalu terlanjur memutarnya dan HP jadi lag, Alfons menyarankan agar pengguna melakukan restart. Kemudian, agar persoalan tak terulang lagi, pesan berisi video tersebut bisa dihapus.

Baca Juga: Kamu Sering Di Bully di Media Sosial? Ternyata Bisa Dilaporkan Begini Caranya!

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here