Tim Direktorat Siber Bareskrim Polri Akan Selidiki Kasus Kebocoran Data Pemilih KPU

Jakarta – Tim Direktorat Siber Bareskrim Polri telah mengambil langkah untuk menangani kasus dugaan kebocoran data pemilih di situs web Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Brigjen Adi Vivid, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, mengonfirmasi penerimaan informasi terkait dugaan kebocoran data KPU.

“Terkait informasi dugaan kebocoran data KPU kami dapati dari hasil Patroli Siber,” kata Brigjen Adi Vivid pada Rabu, 29 November 2023.

Ia menjelaskan bahwa tim Polri saat ini sedang menyelidiki kasus tersebut dan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait.

“Tim CSIRT kami saat ini sedang melakukan penyelidikan serta berkoordinasi dengan Stakeholder terkait termasuk dengan pihak KPU,” ujarnya.

Sebelumnya, seorang peretas yang mengaku bernama Jimbo secara anonim mengakui bahwa dia berhasil meretas situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama kampanye Pilpres 2024.

Jimbo menyatakan memiliki lebih dari 250 juta (252.327.304) Data Pemilih Tetap (DPT) dan membocorkan 500 ribu data sebagai sampel yang dapat dilihat oleh pengguna di BreachForums.

Menurut analisis dari lembaga riset CISSReC, data yang diambil oleh Jimbo hanya mencapai 204 juta. Jimbo menawarkan data yang dia klaim berisi informasi pemilih dengan harga 74 ribu dolar atau setara dengan Rp 1.2 miliar.

Dapatkan informasi terupdate berita dari Korps Bhayangkara. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media lainya. 

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here