Selama Nataru, Pemakai Media Sosial & Games Mendukung Peningkatan Tarif Internet Telkomsel

Dibanding hari biasa, operator seluler Telkomsel mengalami peningkatan trafik internet selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dibandingkan hari biasa, trafik jaringan internet Telkomsel meningkat sebesar 6% dibandingkan hari-hari biasa pada malam Natal tahun 2021, atau meningkat sekitar 22% dibandingkan periode Natal tahun lalu.

Sementara itu, pada malam pergantian tahun 2022, puncak trafik data akan mencapai 10% dibandingkan hari-hari biasa.

Dibandingkan dengan Tahun Baru 2021, lalu lintas Internet pada Malam Tahun Baru telah meningkat sebesar 20%.

Deputy Director Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan total trafik broadband Telkomsel selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 mencapai 44 PB, meningkat sekitar 20% dibandingkan libur tahun sebelumnya.

“Lonjakan lalu lintas internet ini dipicu aktivitas pengguna mereka untuk layanan digital seperti e-commerce (tumbuh 20 persen), media sosial (15 persen) dan berselancar di internet (11 persen),” ungkap Denny seperti dilansir laman resmi Telkomsel, Selasa (4/1/2022).

Selain itu, lanjut Deny, aktivitas lainnya yang ikut mendukung lalu lintas internet naik adalah streaming video (13 persen), bermain game (87 persen) dan pesan instan atau konferensi video (12 persen).

Telkomsel juga mencatat penggunaan aplikasi, WhatsApp, Instagram, TikTok, Facebook dan YouTube tinggi selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2022. Sedangkan untuk layanan SMS, traffic naik 11 persen.

Jika dilihat per wilayah, kenaikan internet tertinggi berada di wilayah Simalungun, Sumatera Utara (36 persen); Bogor, Jawa Barat (16 persen); Deli Serdang, Sumatera Utara (15 persen); Bandung, Jawa Barat (10 persen) dan Bekasi, Jawa Barat (9 persen).

“Komunikasi melalui aplikasi berbasis internet menjadi kesukaan pengguna Telkomsel selama periode liburan kemarin, sementara lalu lintas untuk layanan suara turun sekitar 1 persen dibandingkan Natal dan Tahun Baru 2021,” sebut Denny.

Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Telkomsel mencatat ada 3,69 juta pelanggan yang keluar dari Pulau Jawa dan 3,61 juta pelanggan masuk Pulau Jawa.

“Telkomsel sebagai society enabler akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan dengan menghadirkan solusi digital inovatif dalam bentuk produk dan layanan yang customer-centric, serta konektivitas berteknologi terdepan yang andal dan merata, agar semakin membuka peluang lebih luas bagi seluruh masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan,” ujar Denny.

Serba-Serbi Tiket PRJ 2024: Info Harga dan Pembelian Online

JariBijak.com - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran 2024 resmi dibuka pada...

Mau Update iOS 18 Beta 1 di iPhone? Ikuti Langkah Mudah Ini!

JariBijak.com - Apple baru saja mengumumkan iOS 18 di ajang bergengsi Worldwide Developer Conference...

Jenis iPhone yang Kebagian iOS 18, Auto Bisa Rasakan Fitur Baru dari Apple

JariBijak.com - Apple resmi meluncurkan iOS 18 dalam acara tahunan Apple Worldwide Developers Conference...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here