Rencana Dankor Brimob Dipimpin Jenderal Bintang 3 Tunggu Lampu Hijau Sesmilpres

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyiapkan jabatan bintang tiga atau Komjen memimpin Korps Brigade Mobile (Brimob). Hal ini dilakukan karena menurut Sigit, Korps Brimob Polri saat ini memiliki tanggungjawab dan tantangan yang semakin berat dan kompleks.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, rancangan tersebut sedang menunggu tindak lanjut dari Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres). Diketahui, saat ini untuk posisi Dankor Brimob masih diisi oleh bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) dan nantinya akan menjadi bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

“Untuk Rancangan Kepresnya sudah diajukan, menunggu tindak lanjut dari Sesmilpres,” kata Dedi saat dihubungi, Senin (15/11).

Saat ditanyakan apakah bakal ada satuan lainnya yang akan dinaikkan atau diisi oleh jenderal bintang tiga, Dedi menyebut, masih fokus untuk Brimob.

“Masih fokus ke Brimob dulu,” ujar dia.

Diketahui, untuk satuan yang dijabat atau dipimpin oleh jenderal bintang tiga yakni, Wakapolri, Kabaresrkim, Kabaharkam, Kabaintelkam, Itwasum, Kalemdiklat, Kepala BNN, Kepala BNPT, Sekertaris Utama Lemhanas, Wakil Kepala BSSN, Sekertaris Utama BIN dan Sekertaris Jenderal Kemenkumham.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku tengah mengembangkan Korps Brimob Polri. Sigit menyatakan, saat ini sedang berproses untuk menyiapkan peningkatan status Dankor Brimob Polri menjadi Jenderal bintang tiga atau Komjen. Selama ini, dijabat oleh Jenderal bintang dua atau Irjen.

Menurut Sigit, pengembangan organisasi itu dilakukan lantaran, Korps Brimob Polri dewasa ini memiliki tanggung jawab dan tantangan yang semakin berat dan kompleks.

Tak hanya itu, demi menjawab segala tantangan, nantinya akan ditambah pula jumlah personel Brimob di Indonesia bagian Tengah, bagian Timur, bagian Barat dan Ibu Kota Negara.

“Saat ini sedang berproses tentunya. Korbrimob dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan, kita dorong untuk tambahan beberapa bintang dan juga Dankor Brimob sendiri kita tingkatkan untuk menjadi bintang tiga. Karena tugas dan tanggung jawabnya semakin berat,” ucapnya dalam acara HUT Korps Brimob ke-76, Depok, Jawa Barat, Minggu (14/11).

Sigit menegaskan, semua ini dalam rangka memberikan respons cepat terhadap dinamika yang terjadi di lapangan. Sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik dan cepat ke masyarakat yang membutuhkan.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Brimob baik di pusat maupun daerah yang telah memberikan pengabdian terbaik untuk bangsa Indonesia.

Sumber : Merdeka.com

Begini Cara agar Pemilu Damai 2024 Bisa Tercipta

Jaribijak - Jakarta - Di tahun 2024, Indonesia menyaksikan sebuah peristiwa besar dalam sejarah...

Begini Langkah Mudah dan Cepat Cara Cek IMEI Smartphone Anda!

  Jakarta - Informasi cara cek IMEI smartphone penting untuk diketahui setiap pengguna, baik untuk...

Catat! Daftar Tanggal Merah Februari 2024 yang Bisa Dipakai untuk Berlibur

JariBijak - Memasuki bulan Februari 2024, informasi terkait tanggal merah kini tengah banyak dicari.  Perlu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here