Inilah 6 Perbedaan Aplikasi Twitter dengan Threads

Jaribijak – Saat ini Threads, media sosial saingan Twitter, menjadi perbincangan hangat warganet. Meskipun Threads disebut mirip dengan Twitter, ada beberapa perbedaan jika ditelisik dengan cermat.

6 Perbedaan Aplikasi Twitter dengan Threads

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah perbedaan Twitter dengan Threads:

1. Ketersediaan

Mengutip Business Today, ketika dimulai sekitar 16 tahun yang lalu, Twitter hanyalah sebuah situs web dan mendapatkan popularitasnya dengan cara yang sama. Namun, dengan adaptasi smartphone yang cepat, aplikasi ini akhirnya diperkenalkan di Android dan iOS.

Berbeda dengan Twitter, Threads saat ini hanya untuk aplikasi, yang tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Mengingat popularitas Instagram sebagai sebuah aplikasi, tampaknya Meta menggunakan pedoman yang sama sehingga situs web Threads mungkin tidak akan segera tersedia.

2. Sinkronisasi akun

Di Twitter, seseorang dapat masuk menggunakan opsi seperti email, nomor telepon, dan bahkan hanya nama pengguna. Twitter adalah aplikasi independen dan tidak terikat dengan aplikasi lain, hanya meminjam informasi log.

Sementara, Threads disinkronkan dengan Instagram. Untuk saat ini, tidak ada cara lain untuk masuk ke Threads selain dari akun Instagram Anda dan sebaliknya. Utas bahkan tidak dapat dihapus tanpa menghapus akun Instagram Anda.

3. Akses

Dikutip dari NDTV, pengguna Twitter yang tidak memiliki centang biru dapat memposting video berdurasi 2 menit 20 detik. Sedangkan Threads, pengguna (termasuk yang belum diverifikasi) akan dapat memposting video berdurasi lima menit.

4. Jumlah Karakter

Di Twitter, pengguna yang tidak berlangganan Twitter Blue alias pengguna gratisan, hanya memiliki limit 280 karakter untuk setiap satu twit. Pengguna dapat membuat utas (thread), yakni kumpulan beberapa twit dengan topik yang sama.

Sementara di Threads, pengguna mendapatkan limit hingga 500 karakter untuk setiap satu posting yang dibuat. Pengguna juga bisa membuat thread, sebutan untuk postingan di Threads, mirip twit di Twitter.

5. Jumlah Following Tidak Tampil di Threads

Tidak hanya Twitter, aplikasi jejaring sosial biasanya akan menampilkan following dan followers pada halaman muka. Namun, pengguna Threads tidak bisa melihat jumlah orang yang diikuti (following) oleh pengguna lain di profil mereka.

6. Kolom Pencarian

Kolom pencarian Twitter memungkinkan Anda untuk mencari pengguna Twitter, menjelajahi topik trendi di seluruh dunia dan di lingkungan terdekat Anda, serta menemukan video trendi. Sedangkan kolom pencarian Threads hanya memungkinkan Anda mencari pengguna untuk diikuti.

Baca Juga: Instagram Luncurkan Threads di RI, Aplikasi Kembaran Twitter

TikTok Luncurkan Whee, Aplikasi Media Sosial Khusus Berbagi Foto

JariBijak.com - TikTok, platform media sosial populer, secara diam-diam merilis aplikasi baru bernama Whee...

Elaelo Media Sosial Lokal yang Diklaim Pengganti X dan Bikinan Pemerintah, Kini Tak Bisa Diakes

JariBijak.com - Baru-baru ini, muncul aplikasi bernama Elaelo yang diklaim sebagai buatan Pemerintah RI....

Serba-Serbi Tiket PRJ 2024: Info Harga dan Pembelian Online

JariBijak.com - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran 2024 resmi dibuka pada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here