Apakah Spam Like Berbahaya?

JariBijak.com  Kini menghabiskan sebagian besar waktu untuk bermain media sosial adalah hal yang lumrah. Di media sosial tak hanya disajikan berbagai unggahan pribadi seseorang, namun juga kini bisa meng-update berita terbaru, informasi beasiswa, hingga lowongan pekerjaan.

Tak heran semakin lama, ada berbagai fitur di media sosial yang menyesuaikan kebutuhan para penggunanya. Namun fitur dasar yang ada di hampir berbagai jenis media sosial yaitu fitur like atau menyukai.

Fitur tersebut dimaksudkan agar seseorang bisa mengapresiasi unggahan orang lain. Namun tak jarang seseorang ingin dengan sengaja semua postingannya memiliki angka like yang tinggi dengan menggunakan spam like. Lantas apa itu spam like, dan apakah berbahaya bagi akun seseorang?

Apa itu Spam Like?

Spam adalah segala jenis komunikasi digital yang tidak diinginkan dan tidak diminta yang dikirim secara massal. Seringkali spam like dikirim melalui email, tetapi juga dapat didistribusikan melalui pesan teks, panggilan telepon, atau media sosial.

Spam adalah singkatan dari apa yang diminati dan dicari banyak orang. Pada intinya, SPAM adalah singkatan dari frase bahasa Inggris Stupid – Pointless – Annoying – Messages.

Pada dasarnya, spam like adalah ketika seseorang membuka profil media sosial seseorang dan menyukai banyak postingan mereka tanpa benar-benar menontonnya.

Biasanya, mereka akan mengeklik salah satunya, mengeklik tombol suka, dan segera membolak-balik postingan berikutnya. Ini dilakukan berulang-ulang secara berurutan.

Bergantung pada popularitas pengguna, ini dapat mengirim rentetan pemberitahuan kepada mereka sekaligus. Saat mereka membuka halaman notifikasi, mereka akan melihat bahwa ada seseorang yang menyukai banyak video mereka.

Beberapa orang mengambil langkah lebih jauh dengan kembali dan tidak menyukai semua video, hanya untuk mengulangi prosesnya lagi.

Tidak ada batasan jumlah suka yang dapat diberikan di Instagram. Namun, jika sebuah postingan telah disukai lebih dari 7.500 kali, postingan tersebut tidak akan lagi muncul di bagian “like” aplikasi.

Sementara spam like adalah sebagai cara untuk mendapatkan lebih banyak perhatian ke suatu akun media sosial, itu sebenarnya tidak berbahaya bagi siapapun. Namun, Instagram cukup ketat dengan beberapa jumlah komentar yang Anda tinggalkan di unggahan dalam waktu singkat.

Bagaimana Cara Menghilangkan Spam di Instagram?

Ada beberapa cara untuk menghilangkan spam like di Instagram. Anda dapat melaporkan akun ke Instagram, memblokir akun, atau menghapus akun.

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini, karena tergantung pada kebijakan spam masing-masing platform. Namun, umumnya disarankan agar Anda menghindari penggunaan metode otomatis atau massal untuk menyukai konten, karena ini dapat dianggap sebagai spam dan dapat menyebabkan Shadowban.

Ketika sebuah akun memiliki sangat sedikit unggahan, tetapi ada suka di setiap unggahan, itu tidak biasa. Biasanya dibutuhkan banyak unggah sebelum akun dapat mengumpulkan pengikut dan jumlah suka yang tinggi. Satu-satunya waktu akun dengan sedikit unggahan memiliki banyak suka adalah ketika mereka dimulai oleh seorang selebriti.

Jika Anda melihat seorang influencer memiliki tiga atau empat posting dalam sebulan terakhir, tetapi mereka memiliki ribuan suka di setiap unggah, itu mencurigakan. Ada kemungkinan besar influencer menggunakan metode tidak autentik untuk mendapatkan suka itu.

Demikian rangkuman tentang spam like. Meski spam like adalah sesuatu yang tidak terlalu berbahaya, tapi memahami bagaimana spam like bekerja bisa menjadi pengetahuan yang baik untuk influencer maupun pengelola media sosial.

Begini Cara agar Pemilu Damai 2024 Bisa Tercipta

Jaribijak - Jakarta - Di tahun 2024, Indonesia menyaksikan sebuah peristiwa besar dalam sejarah...

Begini Langkah Mudah dan Cepat Cara Cek IMEI Smartphone Anda!

  Jakarta - Informasi cara cek IMEI smartphone penting untuk diketahui setiap pengguna, baik untuk...

Catat! Daftar Tanggal Merah Februari 2024 yang Bisa Dipakai untuk Berlibur

JariBijak - Memasuki bulan Februari 2024, informasi terkait tanggal merah kini tengah banyak dicari.  Perlu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here