Apa Sih Nepo Baby yang Viral di Media Sosial?

JariBijak.com – Belakangan ini istilah nepo baby tengah ramai di industri hiburan Hollywood. Sempat viral di bulan Mei silam, istilah ini kembali ramai diperbincangkan di media sosial. Lantas apa makna nepo baby?

Banyak yang belum familiar dengan istilah nepo baby. Melansir Today, istilah nepo baby merupakan singkatan dari nepotism baby, yang memiliki arti bayi nepotisme. Istilah ini merujuk pada hak istimewa yang diterima para aktor yang dianggap mendompleng nama besar keluarga sebelumnya.

Sementara, nepotisme adalah praktik mengunggulkan seseorang, khususnya dalam hal pekerjaan, bukan semata-mata karena kemampuannya saja namun juga identitasnya.

Maka itu, nepo baby umumnya menggambarkan para artis yang berhasil mengikuti jejak orang tuanya dan memiliki karier sukses di industri hiburan. Sayangnya, istilah tersebut diikuti dengan stigma negatif karena karier mereka dianggap hanya sukses berkat popularitas keluarga atau orang tua mereka.

Sudah menjadi rahasia umum di industri hiburan Hollywood jika para nepo baby bisa mendapatkan audisi, proyek akting, atau perhatian lebih banyak karena faktor kekerabatannya.

Istilah ini kembali viral karena rilisnya sebuah esai investigasi yang dilakukan oleh Nate Jones yang diterbitkan oleh New York Magazine. Dalam artikel yang berjudul Extremely Overanalyzing Hollywood’s Nepo-Baby Boom tersebut, ia menyebutkan beberapa pesohor yang lahir dengan privilege atau hak istimewa sebagai ‘anak artis’, atau yang disebut dengan nepo baby itu.

Nama-nama yang muncul mulai dari salah satu bintang Stranger Things Maya Hawke, Maude Apatow, Zoe Kravitz, Gwyneth Paltrow, hingga bintang Emily in Paris Lily Collins.

Esai yang dibuat oleh Nate Jones tersebut sontak menuai respons dari sejumlah pihak yang ikut berkomentar mengenai adanya istilah nepo baby. Bahkan, tak sedikit muncul pendapat dari sosok-sosok yang dianggap nepo baby itu sendiri.

Belum lama ini, aktris Kate Hudson pun merespons soal tudingan praktik nepo baby yang ditujukan kepadanya. Sebagai anak dari pasangan aktor legendaris Goldie Hawn dan Bill Hudson, Kate Hudson tidak terlalu mengambil pusing tudingan itu.

“Soal nepotisme itu, aku tidak terlalu peduli,” kata Kate Hudson dalam wawancara bersama The Independent beberapa waktu lalu.

“Aku melihat anak-anakku dan kami adalah keluarga yang suka mendongeng. Itu sudah pasti ada dalam darah kami. Orang dapat menyebut apa pun yang mereka inginkan, tapi itu tidak akan mengubahnya,” jelasnya melanjutkan.

Penyanyi sekaligus putri dari aktor Keith Allen dan produser film Alison Owen, Lily Allen pun turut menyuarakan pendapat terkait istilah ini melalui akun Twitter resmi miliknya.

Menurutnya, para nepo baby yang berbahaya dan patut diperhatikan adalah mereka yang berasal dari kalangan politisi, orang-orang di dunia hukum, atau yang berpotensi merugikan kepentingan orang banyak.

Baca Juga: Data Statista: Pengguna Media Sosial Di Indonesia Naik Tiap Tahun

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here