8 Hal yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial, Termasuk Pencapaian!

Teknologi berkembang lebih cepat dan lebih cepat dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah media sosial. Saat ini, media sosial adalah tempat untuk pamer. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh dibagikan di media sosial, dan pencapaian adalah salah satunya!

8 hal yang tidak boleh dibagikan di media sosial.

1. Foto selfie dengan KTP atau SIM

KTP berisi informasi pribadi, artinya KTP tidak dimaksudkan untuk konsumsi publik yang harus dibagikan di media sosial. Berhenti mengunggah selfie dengan ID Anda.

Mengapa memamerkan ID Anda jika semua orang memiliki ID? Sebaliknya, Anda hanya kalah karena ada begitu banyak orang jahat yang dapat dengan mudah menggunakannya untuk melakukan hal-hal buruk.

Bahkan jika Anda menghapus NIK dan nomor lainnya, sebaiknya jangan mempostingnya di media sosial. Hal yang sama berlaku untuk KTP, jangan pernah memposting informasi tentang SIM Anda.

2. Alamat lengkap dan nomor ponsel aktif

Ketika Anda menerima paket tetapi belum dibuka, mohon untuk tidak membagikan paket tersebut di media sosial dengan informasi penting seperti nomor ponsel dan alamat lengkap Anda. Saat ini banyak sekali cara penipuan yang bisa terjadi karena Anda tidak hati-hati.

3. Kata sandi akun media sosial

Pernahkah Anda dibajak oleh orang-orang terdekat Anda, bahkan jika Anda menggunakan media sosial di ponsel Anda? Perhatian pertama Anda harus pada apa yang dia posting, dan Anda takut dia akan membuat Anda terlihat seperti orang jahat.

Nah, tidak mengunggah kata sandi media sosial dirancang untuk mencegah Anda dibajak. Karena kata sandi akun media sosial bersifat pribadi, jangan berikan kepada siapa pun, termasuk pacar Anda, karena dapat merusak dan menyalahgunakannya.

4. Dokumen penting

Hal yang tidak boleh dibagikan di media sosial berikutnya, yakni dokumen penting. Dokumen penting bisa mencakup dokumen pribadi dan dokumen perusahaan. Tidak ada gunanya membagikan dokumen tersebut di media sosial, yang ada kamu bisa saja terkena phishing atau pencurian data.

5. Informasi finansial

Berhenti memamerkan seberapa besar gajimu, serta tabungan dan hal yang berbau uang di media sosial. Sebab, uang adalah hal yang sangat diinginkan semua orang. Biasakan berhati-hati karena tidak semua orang di sekelilingmu adalah orang baik.

6. Rencana liburan dan lokasi terkini

Hal yang tidak perlu dibagikan di media sosial berikutnya, adalah rencana liburan beserta tiket perjalanan atau boarding pass dan lokasi terkini.

Bisa saja ada orang jahat yang mengincarmu ketika kamu menandai lokasi terkini, entah itu saat kamu liburan atau sekadar jalan-jalan.

Bahkan bisa jadi rumahmu kemalingan karena kamu membagikan momen tengah berlibur. Postinglah tentang liburanmu setelah sampai rumah.

7. Hadiah dan pembelian yang mahal

Hindari mengunggah hadiah yang mahal di media sosial. Bisa saja barang itu dicuri karena menyebabkan orang lain iri.

8. Pencapaian

Sementara beberapa orang akan senang, yang lain akan iri ketika mereka melihat Anda berhasil. Berhentilah memposting momen-momen yang sedang Anda perjuangkan. Hanya Anda yang tahu apa yang Anda capai dan seberapa banyak usaha yang Anda lakukan untuk itu.

Biarkan orang lain berbicara bebas tentang pencapaian Anda karena itu tidak akan mempengaruhi hidup Anda.

Tidak semua hal harus dibagikan di media sosial. Saya pribadi merasa bahwa beberapa hal cukup menyenangkan. Jangan gunakan media sosial sebagai tempat untuk menunjukkan kebahagiaan.

Ini adalah 8 hal yang tidak boleh Anda bagikan di media sosial. Mulai sekarang, lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial.

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here