5 Tips Jaga Privasi di Media Sosial, Jangan Umbar Semuanya!

Jaribijak.com – Bagi semua kalangan, media sosial seperti kebutuhan. Kamu bisa menunjukkan ekspresi apapun di media sosial. Namun, di sisi lain, batasan privasi justru memudar. Semua diekspose tanpa batas.

Padahal tindakan ini penuh risiko. Mulai dari komentar negatif sampai memancing tindak kejahatan. Guna menghindari situasi tersebut, kamu harus tahu tips menjaga batasan privasi di media sosial. Pahami baik-baik dan terapkan.

1. Hindari curhat dan mengeluh di media sosial 

Tidak ada salahnya menjadikan media sosial sebagai wadah berekspresi. Tapi yang harus dipahami, tidak semua hal bisa ditunjukkan di media sosial. Kamu harus paham betul cara menjaga batasan privasi.

Hindari curhat dan mengeluh di media sosial saat ada masalah. Mungkin kamu beranggapan itu sekadar tulisan biasa. Tapi orang-orang bisa salah paham dan menimbulkan perselisihan.

2. Kamu tidak perlu oversharing dalam hal pekerjaan 

Kadang kita butuh berekspresi untuk meringankan beban dan tekanan dunia kerja. Tapi sayangnya, malah melanggar batas privasi. Kamu cenderung oversharing dalam hal pekerjaan.

Untuk lebih menjaga batas privasi, jangan lakukan hal tersebut. Membagikan informasi secara berlebihan tentang dunia kerja bisa memancing kejahatan. Sebelum hal itu terjadi, kamu harus mengendalikan diri supaya tidak oversharing.

3. Jangan melampiaskan kemarahan di media sosial 

Kadang kita butuh cara yang tepat untuk menyalurkan kemarahan. Termasuk berekspresi di media sosial. Padahal pengelolaan emosi termasuk bagian dari privasi yang harus dikendalikan secara bijak.

Agar bisa lebih menjaga privasi, jangan melampiaskan emosi dan kemarahan di media sosial. Seseorang yang marah tidak bisa berpikir jernih. Kemarahan di media sosial bisa saja menambah permasalahan.

4. Tidak menunjukkan informasi pribadi 

Kadang kita ingin menunjukkan sesuatu yang dimiliki. Bahkan lalai membagikan informasi pribadi. Contohnya memfoto kartu identitas. Maupun membagikan informasi penting lainnya.

Untukmu yang ingin menjaga batasan privasi di media sosial, hindari tindakan tersebut. Tidak perlu menunjukkan informasi pribadi apapun. Dampak buruknya, data pribadi bisa disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.

5. Berekspresilah sewajarnya tanpa berlebihan 

Setiap orang memiliki kebebasan berekspresi. Baik dalam suasana senang, sedih, ataupun marah. Namun, alangkah baiknya kamu tetap menjaga batasan privasi dalam bermedia sosial.

Berekspresilah sewajarnya tanpa berlebihan. Cara ini untuk membentengi diri agar tidak banyak orang kepo dan ikut campur permasalahan. Tentunya, kamu juga tidak ingin hidup dipengaruhi oleh orang lain.

Dalam bermedia sosial kita juga harus menerapkan batasan privasi. Tidak semua hal bisa bebas dibagikan. Berekspresilah sewajarnya tanpa berlebihan. Baik dalam hal suka, duka, ataupun kemarahan.

Baca Juga: Inilah Tutorial Cara Membuat dan Mendaftar NPWP Secara Online

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here