4 Tanda Jika Media Sosialmu Justru Membawa Pengaruh Negatif

JariBijak.com – Saat ini, media sosial menjadi salah satu hal terpenting dalam hidup setiap orang. Tak hanya sebagai alat untuk saling berinteraksi dan menjalin komunikasi, media sosial nampaknya juga digunakan untuk alat untuk mencari hiburan sendiri di waktu senggang.

Beberapa orang bahkan menggunakan media sosial sebagai ajang menunjukkan kesuksesan terhadap orang lain. Tak hanya itu saja, beberapa orang juga menggunakannya untuk alat curhat dan membuka aib satu sama lain. Media sosial bisa memberi dampak positif pun dampak negatif bagi penggunanya.

Lantas, penggunaan sosial mediamu selama ini, lebih banyak membawa pengaruh positif atau negatif? Berikut beberapa tanda jika media sosial justru membawa pengaruh negatif untuk dirimu.

Menurunkan Rasa Percaya Dirimu

Dari banyaknya postingan di media sosial, sebagian besar postingan adalah hal-hal yang menunjukkan kebahagiaan dan keberhasilan orang lain, teman atau sahabat. Tapi, jika keberhasilan dari orang lain ini membuatmu menjadi rendah diri, kehilangan rasa percaya diri dan takut berinteraksi dengan orang lain secara langsung, ini menunjukkan bahwa media sosial telah memberi pengaruh buruk buatmu.

Kita boleh merasa kagum dan ingin seperti orang lain. Tapi hal itu jangan sampai membuatmu justru rendah diri dan merasa terkalahkan oleh kesuksesan orang lain. Alangkah baiknya, jika apa yang kita lihat di media sosial, memberikan motivasi dan semangat bagi kita untuk jadi pribadi yang lebih baik dan makin percaya diri.

 

 

Kamu Mengalami Masalah Tidur

Jika media sosial justru membuatmu kesulitan tidur atau mengalami masalah tidur, itu menandakan bahwa media sosial tersebut benar-benar tak baik buatmu. Saat kamu ketagihan untuk terus scrol media sosial sampai tak bisa tidur, cobalah untuk lebih bijak lagi dalam bermedia sosial.

 

 

Kamu Bermain Media Sosial Sepanjang Waktu

Bermain media sosial, berinteraksi dan berkomunikasi dengannya memang menyenangkan. Tapi, jika kamu memainkan media sosial sepanjang waktu, ini sudah tidak baik. Ketika kamu menggunakan lebih banyak waktumu untuk bermedia sosial hingga lupa pekerjaan dan hal lainnya, coba pahami lagi benarkah kamu sudah menggunakan media sosial secara bijak? Selain bisa merusak kesehatan fisik, berlebihan dalam bermedia sosial bisa merusak kesehatan psikis.

 

 

Hubunganmu Berantakan

Apakah hubunganmu dengan pasangan atau orang terdekat berantakan karena media sosial? Jika iya, itu menandakan bahwa kamu telah bermedia sosial secara tak bijak selama ini. Media sosial yang membawa pengaruh negatif rentan bikin hubungan dengan asmara pun hubungan lainnya (termasuk persahabatan, keluarga dan pertemanan) berantakan.

Itulah sekian tanda bahwa media sosial telah membawa pengaruh negatif padamu. Jika merasakan tanda di atas, cobalah untuk lebih bijak dalam bermedia sosial. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: Dua Kebiasaan Bermedia Sosial yang Bikin Kamu Pintar, Sudah Coba?

Begini Cara agar Pemilu Damai 2024 Bisa Tercipta

Jaribijak - Jakarta - Di tahun 2024, Indonesia menyaksikan sebuah peristiwa besar dalam sejarah...

Begini Langkah Mudah dan Cepat Cara Cek IMEI Smartphone Anda!

  Jakarta - Informasi cara cek IMEI smartphone penting untuk diketahui setiap pengguna, baik untuk...

Catat! Daftar Tanggal Merah Februari 2024 yang Bisa Dipakai untuk Berlibur

JariBijak - Memasuki bulan Februari 2024, informasi terkait tanggal merah kini tengah banyak dicari.  Perlu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here