Apple Mulai Merapat ke OpenAI untuk Hadirkan ChatGPT ke iOS 18

JariBijak – Apple perlahan-lahan kini mulai merapat ke OpenAI untuk mewujudkan kerjasama antara keduanya yang bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi start-up tersebut, khususnya ChatGPT, ke dalam iPhone mereka.

Kabar ini diperoleh dari sumber yang mengenal perjanjian kerjasama antara Apple dan OpenAi, meskipun identitasnya tidak diungkap.

Menurut laporan yang dikutip dari Bloomberg pada Senin (13/5/2024), kehadiran ChatGPT di dalam iOS 18 menandai upaya Apple dalam menyelipkan kecerdasan buatan ke dalam pengalaman pengguna iPhone.

Namun, belum ada kepastian terkait diskusi perusahaan yang di dirikan Steve Jobs ini dengan Alphabet untuk menggunakan chatbot Gemini, dengan kabar pembicaraan masih dalam tahap awal.

Jika kerjasama antara Apple dan OpenAI terjadi, ChatGPT akan menjadi salah satu fitur unggulan yang diperkenalkan dalam iOS 18, yang direncanakan akan diumumkan di acara WWDC 2024 bulan Juni mendatang.

Pembicaraan antara Apple dan OpenAI menjadi semakin intensif pada bulan April lalu, namun belum ada jaminan bahwa kesepakatan akan tercapai karena masih ada kemungkinan kesepakatan tidak tercapai.

Apple, OpenAI, dan Google menolak memberikan komentar terkait perkembangan ini.

Sebelumnya, Apple telah mengungkapkan rencananya untuk menjadikan kecerdasan buatan sebagai topik utama dalam WWDC 2024.

Salah satu langkah konkret untuk mendukung rencana tersebut adalah pembangunan pusat pengolahan AI yang menggunakan chip buatan Apple, M2 Ultra.

CEO Apple, Tim Cook, sebelumnya telah mengakui penggunaannya secara pribadi terhadap ChatGPT.

Meskipun sebelumnya ia sempat menyoroti bahwa chatbot tersebut masih memiliki beberapa masalah yang perlu diperbaiki, bila nantinya akan menjalin kerja sama dengan Apple.

Cook juga menegaskan bahwa Apple akan mempertahankan posisi unggul dalam bidang kecerdasan buatan, meskipun sebenarnya perusahaan ini  terlambat masuk dalam ranah ini dibandingkan dengan dua pesaing kuatnya: Google dan Microsoft.

“Kami meyakini potensi transformatif dari kecerdasan buatan, dan kami percaya bahwa kami memiliki keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi yang unik dari perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang dimiliki Apple,” kata Cook dalam panggilan pendapatan bersama para investor.

Baca Juga: Inisiatif Terbaru Kemenkominfo: Pelatihan AI untuk Perempuan Indonesia 

 

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

Starlink Resmi Hadir di Indonesia: Presiden Jokowi dan Elon Musk Akan Meresmikan di World Water Forum Ke-10

JariBijak.com - Kehadiran Starlink akan semakin nyata dirasakan masyarakat Indonesia sebentar lagi. Dikatakan Menteri Koordinator...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here