Upaya Kominfo Ajak Pelajar Bijak dalam Bermedia Sosial

JariBijak – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Siberkreasi mengadakan webinar literasi digital dengan tema “Positif, Kreatif, dan Aman di Internet” untuk para pelajar di wilayah Jakarta, Banten, dan sekitarnya.

Webinar diisi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Negeri 25 Depok, Wiwi Gustiwi S.Pd; Instruktur Edukasi4Id, Tuahta Hasiholan; dan Anggota Relawan TIK, Dedih Sofian sebagai narasumber yang menyampaikan mengenai pilar etika, pilar keamanan, dan pilar kecakapan dalam mengakses ruang digital.

“Dunia internet itu luas dan apa yang kita unggah akan ada selamanya disitu walaupun sudah kita hapus di akun media sosial. Kita harus selalu pikirkan apa yang mau diunggah apakah itu foto, video, atau konten,” tutur Wiwi.

Etika digital tentunya perlu diiringi dengan keamanan digital dalam menjaga dan mengamankan data pribadi yang bersifat rahasia.

“Akses rata-rata internet di Indonesia lebih dari 8 jam dan dari data ini, setiap celah keamanan dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang punya kepentingan,” Tuahta menambahkan.

Lebih lanjut, lemahnya keamanan digital berpotensi menjadi gerbang akses negatif melalui Malicious Software (malware) yang diam-diam masuk dan mencuri informasi pribadi pada perangkat pribadi.

Keamanan digital juga berasal dari kehati-hatian pengguna perangkat dalam memilah informasi dan disinilah diperlukan kecakapan digital untuk menyaring maraknya konten di media sosial.

Berdasarkan data BPS, sub indeks kecakapan memiliki skor terendah diantara Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK), yaitu akses infrastruktur, intensitas penggunaan, dan keahlian dan kecakapan.

“Masyarakat Indonesia dipandang perlu dalam mengakses, mencari, menyaring, dan memanfaatkan setiap data dan informasi yang diterima dan didistribusikan dari dan ke berbagai platform digital yang dimilikinya,” ujar Dedih.

Hal tersebut ia ungkapkan karena tidak semua konten di media digital bermanfaat. Pengguna juga perlu memiliki kemampuan untuk sebaik mungkin menjadikan media digital sebagai sarana berkreasi yang produktif dan bertanggung jawab.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Penting Ditekankan Saat Bermedia Sosial

Sumber: Liputan6 | Editor: Hegi

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here