Sejumlah Efek Negatif Menonton Konten Negatif Unfaedah

JariBijak.com – Media sosial adalah platform yang perkembangannya cukup pesat bagi kaum muda untuk berkomunikasi, apresiasi diri hingga berbagi segala jenis konten. Kebebasan bermedia sosial saat ini membuat seseorang dapat membagikan semua hal, seperti konten – konten negatif yang tidak bermanfaat bahkan dapat dibilang pembodohan publik.

Anda harus pandai dalam milih jenis tontonan Anda di media sosial. Sebab ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari menonton konten yang tidak berfaedah, berikut diantaranya :

1. Berefek Negatif pada Otak 

Mengutip dari parenting.firstcry.com, konten yang buruk dapat berefek negatif pada otak anak muda, konten negatif tersebut berpengaruh pada perkembangan otak anak. Konten negatif nantinya akan menempatkan otak mereka dibawah tekanan, sebab otak tidak dapat meresponnya.

2. Membentuk Pikiran yang Negatif

Konten negatif atau yang tidak bermanfaat dapat membentuk pikiran Anda dengan cara yang salah. Pola pikir Anda menjadi tidak baik dan dapat berpengaruh pada pendidikan, bahkan kehidupan pribadi Anda.

3. Membuang Waktu 

Menyaksikan konten receh dan tidak berfaedah merupakan hal yang tidak bermanfaat, sehingga Anda hanya akan membuang waktu Anda secara sia – sia. Ada banyak konten positif yang bisa Anda saksikan, sehingga Anda harus bijak memilih mana yang ingin Anda tonton.

4. Boros Kuota Internet 

Harga internet yang semakin mahal seharusnya membuat Anda perlu memilah mana konten yang bermanfaat dan mana konten yang tidak bermanfaat. Anda menghabiskan sejumlah uang tertentu hanya untuk eksplor media sosial, jadi jangan biarkan diri Anda rugi karena menonton konten receh yang tidak berfaedah.

5. Memunculkan Trend yang Tidak Berfaedah 

Menonton konten – konten negatif dapat menggolongkan Anda pada orang – orang yang tertarik dengan konten seperti itu. Akibatnya banyak orang yang turut membuat konten seperti itu, sebab menilai banyak yang tertarik dan tentunya menghasilkan uang.

Baca Juga: 7 Strategi Mendidik Anak agar Lebih Bijak Menggunakan Media Sosial

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here