PWI Kebumen Ajak Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen menggelar kegiatan PWI Kebumen Goes to School, Campus dan Pesantren.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dan HUT ke-76 PWI.

PWI Kebumen menyambangi kampus Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen, Rabu (2 Maret 2022). Hadir Panasihat PWI Kebumen Drs Komper Wardopo MPd dan Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto SPdI sebagai  menjadi narasumber.

Kegiatan diikuti sekitar 40 aktivis mahasiswa perwakilan dari sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Hadir pula dosen sekaligus pembina UKM Jurnalistik Dani Rizana MPd MM, serta pembina UKM Olahraga Eko Wardoyo SE MM.

Selain diikuti mahasiswa secara langsung, kegiatan tersebut juga diikuti oleh mahasiswa secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan disiarkan pula secara live streaming melalui kanal Youtube UPB Kebumen.

Dalam kesempatan itu, Komper Wardopo membedah Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Wartawan senior ini menyampaikan asas, fungsi, hak, kewajiban, dan peranan pers.

Selain itu, wartawan Suarabaru.id yang menjadi dosen IAINU Kebumen itu juga menerangkan mengenai sejarah dan eksistensi organisasi pers termasuk PWI.

Sementara Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto membahas bagaimana menggunakan media sosial secara cerdas dan bijak. Di tengah maraknya hoaks di internet, wartawan Suara Merdeka itu memberikan panduan kepada para mahasiswa memilih dan memilah informasi yang sehat untuk dikonsumsi.

Produksi Konten Media Sosial yang Positif

Supriyanto pun mengajak kepada para mahasiswa memahami betul isu-isu yang muncul di media baik politik, sosial, budaya, sebelum menyampaikan pendapat di sosial media. Selain itu, dia juga mengajak mahasiswa untuk memproduksi konten-konten yang positif di sosial media.

“Di era disrupsi media seperti saat ini penting memberikan pemahaman literasi kepada para mahasiswa. Sebagai kaum intelektual muda, mahasiswa jangan sampai terseret arus polariasi kelompok baik politik maupun agama sebagai dampak sosial media,”terang Supriyanto seraya menyebutkan polarisasi kelompok ini sangat rawan memincu perpecahan bangsa.

Pembina UKM Jurnalistik Dani Rizana mengapresiasi kegiatan PWI Kebumen Goes to Campus. Melalui kegiatan itu, para mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru terkait Undang-undang Pers, organisasi pers, serta mendapatkan panduan bagaimana cerdas dan bijak dalam bermedia sosial.

Selain dilaksanakan di UPB, pada hari yang sama kegiatan PWI Kebumen Goes to School juga digelar di SMK Maarif 1 Kebumen. Sebagai narasumber wartawan Suara Merdeka Arif Widodo MIKom. Berikutnya kegiatan serupa akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kebumen dan Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO).

Ketua Panitia HPN Kebumen M Tohri menjelaskan, rangkaian HPN 2022 tingkat Kebumen dan HUT ke-76 PWI telah menggelar sejumlah kegiatan.

Mulai dengan ziarah kubur ke makam wartawan yang telah mendahului, syukuran HPN 2022 “PWI Kebumen Bersholawat”, bakti sosial dan santunan anak yatim “PWI Kebumen Jogo Tonggo”, dan Fun Futsal.

Puncak kegiatan akan diadakan Resepsi HPN 2022 Tingkat Kebumen dan Sarasehan pada 10 Maret 2022. Sehari sebelumnya akan digelar orientasi bagi calon anggota PWI Kebumen.

“Sarasehan akan menghadirkan pembicara Ketua PWI Jateng H Amir Machmud NS SH MH dan Dosen Fisipol UGM Nyarwi Ahmad SIP MSi PhD,”terang Tohri.

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here