Polri Perpanjang 6 Bulan Operasi Satgas Nemangkawi di Papua

Jakarta, CNN Indonesia — Kepolisian memperpanjang masa operasi Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi di Papua. Operasi ini bakal diperpanjang selama enam bulan.

“Rencananya diperpanjang enam bulan,” kata Asisten Operasional Kapolri Irjen Imam Sugianto dalam keterangannya, Jumat (28/5).

Anggota TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas tersebut masih terus memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Perpanjangan akan mulai berlaku 1 Juni 2021.

Imam menjelaskan, saat ini kepolisian juga tengah merumuskan pola operasi yang akan diberlakukan pada perpanjangan operasi Satgas Nemangkawi.

“Sedang dirumuskan pola operasinya,” ujar Imam.

Sejak April 2021, kontak tembak antara aparat TNI-Polri dengan KKB acapkali terjadi di wilayah Papua, khususnya di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak Jaya.

Aparat tengah gencar melakukan penindakan hukum terhadap KKB yang kini telah dicap sebagai kelompok teroris oleh pemerintah. Berdasarkan catatan kepolisian, saat ini masih ada 150 anggota militan KKB yang berada di wilayah Papua.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga menyatakan saat ini ada 19 KKB yang tengah diperangi oleh pemerintah berkaitan dengan berbagai aksi kekerasan dan separatis yang dilakukan di Papua.

Mahfud menegaskan pemerintah dalam hal ini tidak sedang memerangi masyarakat Papua, melainkan kelompok masyarakat yang bergerak secara separatis dan kerap melakukan kekerasan serta sudah dilabeli sebagai teroris.

(dmi/ain)

 

 

Begini Cara agar Pemilu Damai 2024 Bisa Tercipta

Jaribijak - Jakarta - Di tahun 2024, Indonesia menyaksikan sebuah peristiwa besar dalam sejarah...

Begini Langkah Mudah dan Cepat Cara Cek IMEI Smartphone Anda!

  Jakarta - Informasi cara cek IMEI smartphone penting untuk diketahui setiap pengguna, baik untuk...

Catat! Daftar Tanggal Merah Februari 2024 yang Bisa Dipakai untuk Berlibur

JariBijak - Memasuki bulan Februari 2024, informasi terkait tanggal merah kini tengah banyak dicari.  Perlu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here