Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang Sosialisasikan Pentingnya Literasi Digital Kepada Masyarakat di Desa Gebugan

Perubahan dunia menuju ke era digital berlangsung sangat cepat. Hal ini dapat terlihat dari pemanfaatan media digital dalam berbagai sektor kehidupan. Oleh karena itu diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dalam menghadapi perubahan tersebut. Adaptasi yang dimaksud adalah kemampuan untuk menerima, menggunakan, dan memanfaatkan media digital dalam menunjang kehidupan sehari-hari.

Sebagai upaya merespon perubahan era digital yang sangat cepat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang Kelompok 34 mengadakan sosialisasi pentingnya literasi digital kepada masyarakat di Desa Gebugan, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang pada hari Minggu, 6 Februari 2022. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Gebugan dan dihadiri oleh para pemuda yang tergabung dalam karang taruna dan perkumpulan remaja RT.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui para pemuda mengenai pentingnya literasi digital dan kesadaran untuk bijak dalam memanfaatkan kemudahan teknologi dan informasi. Kegiatan ini juga sejalan dengan tema KKN Universitas PGRI Semarang tahun 2022 yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Digital dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”.

Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi, jaringan internet, dan lain sebagainya, mencakup dalam hal menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat, serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat, serta tepat sesuai kegunaannya.

Terdapat empat topik mengenai literasi digital yang diangkat dalam sosialisasi ini. Topik pertama mengenai sehat bersosial media, antara lain disampaikan mengenai etika dalam bersosial media, kesadaran untuk bijak dalam bersosial media, serta UU ITE yang mengatur tentang ujaran kebencian, cyberbullying, konten yang tidak baik, dan lain sebagainya. Topik kedua mengenai pencegahan penyebaran hoax, antara lain disampaikan macam-macam hoax, ciri-ciri hoax, cara memastikan informasi hoax, dan himbauan untuk tidak menyebarkan hoax. Topik ketiga mengenai kejahatan internet, antara lain disampaikan berbagai kejahatan internet yang sering terjadi beserta cara mencegahnya. Topik keempat mengenai pemanfaatan teknologi di kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang seperti bidang pengetahuan, pendidikan, komunikasi, ekonomi, dan kesehatan.

Seluruh materi tersebut disampaikan langsung oleh Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang Kelompok 34. Para pemuda yang hadir diharapkan dapat membagikan informasi yang didapat dari acara sosialisasi ini kepada keluarga dan teman-teman di sekitarnya.

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here