Liga Inggris Surati Zuckerberg, Sebut Facebook Sarang Rasisme

London – Maraknya rasisme di media sosial yang ditujukan untuk para pemain sepakbola di Liga Inggris membuat banyak pihak prihatin. Para pemimpin Liga Inggris sampai-sampai mengirimkan surat khusus pada CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Twitter, Jack Dorset.

Kedua pemimpin diminta untuk serius melibas postingan rasis dari user dan kalau bisa identitas pengguna media sosial diverifikasi. Para pemain di Liga Inggris yang terkena rasisme sudah banyak yang merasa gerah, demikian juga di Liga Wanita. Apalagi bahasanya kadang amat kasar.

“Bahasa yang digunakan merendahkan, sering adalah ancaman dan ilegal,” tulis 8 pimpinan Liga Inggris termasuk dari Football Association (FA) dan Premier League.

“Hal itu menyebabkan kesedihan bagi yang menerimanya dan juga bagi mayoritas orang yang membenci rasisme, seksisme dan diskriminasi dalam bentuk apapun,” tambah mereka seperti dikutip detikINET dari Associated Press, Selasa (16/2/2021).

Lebih lanjut disebutkan, walau sudah ada beberapa pertemuan antara kedua belah pihak, Facebook dan Twitter tetap saja menjadi sarang rasisme. Apalagi tidak ada tindakan tegas sehingga pelaku makin menjadi-jadi dan berasal dari berbagai belahan dunia, tidak hanya di Inggris.

“Kita sudah banyak menggelar meeting dengan eksekutif Anda dalam beberapa tahun ini akan tetapi realitanya adalah platform Anda tetap saja menjadi surga bagi pelecehan,” sebut mereka.

Beberapa pemain belakangan menjadi sasaran rasisme di media sosial. Sebut saja Marcus Rashford, Axel Tuanzebe, Anthony Martial, Lauren James dan lain-lain.

“Seiring kita lihat minggu-minggu belakangan, level pelecehan dari pengguna layanan Anda yang ditujukan pada pemain sepakbola dan awak pertandingan makin meningkat, kami menulis bahwa atas nama martabat dasar manusia, pakailah kekuatan sistem global Anda untuk mengakhiri hal ini,” begitu permintaan mereka pada Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey.

(fyk/fay)

Mau Update iOS 18 Beta 1 di iPhone? Ikuti Langkah Mudah Ini!

JariBijak.com - Apple baru saja mengumumkan iOS 18 di ajang bergengsi Worldwide Developer Conference...

Jenis iPhone yang Kebagian iOS 18, Auto Bisa Rasakan Fitur Baru dari Apple

JariBijak.com - Apple resmi meluncurkan iOS 18 dalam acara tahunan Apple Worldwide Developers Conference...

Apple Intelligence: Lompatan Besar Apple Menuju AI Generatif dengan Privasi Tinggi

JariBijak.com - Apple memperkenalkan Apple Intelligence, inisiatif besar yang telah lama ditunggu-tunggu untuk menyelami...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here