Kementan Ungkap Peluang dan Tantangan Implementasi Keterbukaan Informasi Publik

Jakarta – Inovasi  dalam  kebijakan  pengelolaan  dan pelayanan  informasi  publik  Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan sebuah komitmen seluruh Pimpinan Unit Kerja/ Unit Pelaksana Teknis untuk menyediakan alokasi anggaran yang mendukung keterbukaan informasi publik, yang disampaikan mereka dalam pertemuan PPID Satker Mabes Polri, Kamis, 29 Februar 2024. 

Alokasi anggaran yaitu 94,2 miliar meliput untuk pengelolaan dan pelayanan informasi publik, hingga informasi melalui berbagai kehumasan / pengelolaan website. 

Untuk inovasi keterbukaan informasi publik, Kementan menggunakan metode Diseminasi Informasi, yang merupakan salah satu cara untuk menyampaikan  informasi  ke  berbagai  lapisan  masyarakat.

Berbagai  inovasi  dilakukan  dalam  menyebarluaskan  informasi bidang  pertanian,  mengingat  pangan  merupakan  kebutuhan dasar dan tugas Kementan memenuhi kebutuhan pangan dengan produksi komoditas pangan strategis.

Dalam layanan publik tersebut, Kementan memilih untuk menggunakan bahasa daerah setempat pada website, aplikasi dan materi informasi yang mereka gunakan. 

Penyediaan Portal PPID untuk layanan online permohonan informasi publik dengan tampilan terbaru yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, yang akan dijabarkan secara detail berikut ini:

Fasilitas Portal PPID 

  • Warning System : Notifikasi  lewat  Aplikasi  Whatsapp  ke nomor pemohon dan petugas – pejabat layanan informasi publik sejak tahapan permohonan,  pemenuhan  permohonan dan juga pengajuan keberatan
  • Integrated: Transfer   permohonan   informasi publik dari dan ke 120 Unit Kerja/ Unit Pelaksana Teknis secara online dan terintegrasi
  • Documents Database:Tersedia   database   dokumen   secara digital/  online  yang  berisi  informasi kinerja, program dan lain-lain, sehingga publik  dapat  langsung  mendownload informasi yang di butuhkan.
  • Statistics:Rekap jumlah permohonan, kecepatan layanan dapat secara real time dilihat oleh masyarakat.
  • Document Database: Tersedia   database   dokumen   secara digital/  online  yang  berisi  informasi kinerja, program dan lain-lain, sehingga publik  dapat  langsung  mendownload informasi yang di

Sarana Prasarana Mendukung Pelayanan Informasi Publik

Penguatan  Sarana  dan  Prasarana  Layanan  Informasi  Publik  di UK/UPT   Lingkup   Kementan,   khususnya   agar  ramah bagi penyandang Disabilitas.

Adapun sarana dan prasarana layanan informasi Publik di UK/UPT yang disediakan diantaranya sebagai berikut:

  • Konter layanan informasi publik yang terstandar di seluruh UK/UPT Lingkup Kementan
  • Penyediaan  informasi  terkait  layanan  informasi publik dalam huruf braille
  • Jalur  khusus  Tuna  Netra  di  Ruang  Layanan informasi
  • Penyediaan petugas Khusus Juru Bahasa Isyarat yang telah tersertifikasi pada Ruang Layanan
  • Penyediaan Fitur Aksesibilitas di seluruh Website UK/UPT  Kementerian  Pertanian  (120  UK/UPT) dan Portal PPID

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

Starlink Resmi Hadir di Indonesia: Presiden Jokowi dan Elon Musk Akan Meresmikan di World Water Forum Ke-10

JariBijak.com - Kehadiran Starlink akan semakin nyata dirasakan masyarakat Indonesia sebentar lagi. Dikatakan Menteri Koordinator...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here