Inilah Cara Bijak Bermedia Sosial!

Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Niaga Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang, Video TikTok Syaifunur Maszah membuat heboh media sosial. Syaifunur memamerkan tumpukan uang di atas meja. Dia mengambil tumpukan uang dengan sendok dan garpu dan meletakkannya di piring seolah-olah seseorang akan makan.

Lagu latar berjudul Hareudang dalam video TikTok mengiringi gerakan Syaifunur.

“TikTok dibuat pada 15 September 2020 untuk membatasi konsumsi, untuk bercanda, yang artinya uang panas, yaitu menghasilkan uang dan amal. Kemudian saya hapus,” kata Syaifunur.

Syaifunur mengaku uang yang dipamerkannya merupakan kekayaan pribadi. Di foto profil Whatsapp-nya, Syaifunur juga memposting foto pribadi dirinya bersandar di sedan Porsche-nya, dengan latar belakang situasi di luar negeri.

“Iya betul (kekayaan pribadi),” ucap dia.

Imbas dari video itu, Syaifunur yang sempat diperiksa Inspektorat, akhirnya mengundurkan diri sebagai Dirut Perumda.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menilai menilai perilaku anak buahnya memamerkan kekayaan di media sosial tidak etis.

“Apa pun itu memang satu hal yang tidak etis dilakukan pada saat saat seperti ini,” ungkap Zaki.

Berkaca dari kasus tersebut, sudah seharusnya media sosial dimanfaatkan secara bijak. Media sosial merupakan salah satu jenis teknologi yang berguna sebagai sarana komunikasi, yang menghubungkan satu orang dengan lainnya.

Hal ini tak lepas dari kehadiran serta kemajuan teknologi yang dalam kehidupan manusia.

Kehadiran teknologi membuat hampir seluruh kegiatan manusia menjadi semakin mudah. Termasuk untuk berinteraksi antara satu sama lain. Tak hanya pengertian media sosial yang wajib diketahui, cara menggunakannya pun juga perlu untuk dipahami bersama.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara bijak bermedia sosial:

Menjaga Etika

Pertama, selalu utamakan untuk beretika saat menggunakan media sosial. Dengan prinsip itu, membuat pengguna media sosial tidak akan sewenang-wenang untuk mengunggah, menulis atau berucap.

Menghargai Perbedaan

Kedua, selalu hargai perbedaan yang terdapat pada setiap unggahan pengguna lain di media sosial. Ambil setiap pelajaran atau hal positif dari unggahan tersebut bagi kehidupan kita.

Berbagi Semangat dan Inspirasi

Ketiga, Kadang saat sedang merasa putus asa atau sedih, satu kalimat motivasi yang tak sengaja ditemukan di media sosial saja bisa menjadi suntikan semangat. Itulah yang namanya berbagi kebaikan melalui jejaring sosial.

Unggah dan bagikan konten-konten positif yang bisa memotivasi atau menginspirasi orang lain.

3 dari 3 halaman

Membangun Jaringan Komunikasi

Keempat, selain memberikan kemudahan untuk bisa tetap terhubung dengan orang-orang yang dikenal, sosial sosial juga memberikan akses ke banyak orang di seluruh dunia.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh banyak orang yang tergabung dalam wadah yang sama. Satu gerakan kecil pun bisa berdampak masif jika didukung oleh banyak orang.

Berbagi Ide Kreatif

Kelima, media sosial bisa menjadi tempat ditemukannya banyak ide kreatif. Banyak sekali inovasi-inovasi baru yang bermunculan dalam media sosial. Tak jarang pula bisa mendapatkan tips, trik, petunjuk, materi hingga tutorial di media sosial.

Saling Bantu Sesama

Keenam, media sosial bisa dijadikan sarana memerangi kejahatan ataupun saling membantu sesama. Seperti diketahui, kejahatan di media sosial ada begitu banyak dan tak sedikit para penggunanya yang menjadi korban. Menggunakan media sosial dengan hati-hati bisa menjadi salah satu cara memerangi kejahatan.

Mau Update iOS 18 Beta 1 di iPhone? Ikuti Langkah Mudah Ini!

JariBijak.com - Apple baru saja mengumumkan iOS 18 di ajang bergengsi Worldwide Developer Conference...

Jenis iPhone yang Kebagian iOS 18, Auto Bisa Rasakan Fitur Baru dari Apple

JariBijak.com - Apple resmi meluncurkan iOS 18 dalam acara tahunan Apple Worldwide Developers Conference...

Apple Intelligence: Lompatan Besar Apple Menuju AI Generatif dengan Privasi Tinggi

JariBijak.com - Apple memperkenalkan Apple Intelligence, inisiatif besar yang telah lama ditunggu-tunggu untuk menyelami...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here