6 Tips Detox Media Sosial Dan Seberapa Penting Menerapkannya

Jaribijak – Kecanduan media sosial tentu merupakan salah satu dampak negatif dari keberadaan smartphone yang semakin canggih dari masa ke masa. Selain kecanduan, media sosial juga dapat merusak fisik dan batin seseorang.

Media sosial dapat menjerat banyak orang menjadi fomo sampai gangguan kesehatan mental. Dengan segala bentuk adiksi yang dimilikinya, ketahui tips detox media sosial berikut ini.

Detox media sosial  merupakan penghapusan dan konsumsi media sosial secara sadar dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk mengurangi kecanduan dan menjernihkan kembali pikiran serta hati seseorang dari segala hal buruk yang diakibatkan karena media sosial.

Dikutip dari beberapa sumber pada Selasa (15/8/2023), inilah tips detox media sosial.

6 Tips Detox Media Sosial

1. Kabari Teman dan Keluarga

Tips detox media sosial yang pertama adalah dengan mengabari teman dan keluarga terlebih dulu. Detox media memerlukan waktu 2-5 hari jika kamu ingin hasilnya maksimal. Dengan mengabari teman dan keluarga terlebih dulu, dapat mencegah rasa khawatir dan tidak membuat banyak orang menghubungi kamu yang tentu akan menggagalkan rencana detox media yang ingin dicapai.

2. Mengubah Mindset

Selanjutnya, mengubah mindset tentang penggunaan media sosial juga dapat membantu seseorang dalam melihat aktivitas dari sisi yang lebih positif. Selain itu, dengan membantu seseorang mendapatkan waktu yang hilang selama bermain media sosial. Sehingga, mengurangi konsumsi media sosial dapat menambah pengalaman dan kamu bisa belajar banyak hal baru.

3. Cari Hobi Baru

Hobi baru tentu dapat ditemukan jika kamu memiliki waktu yang lebih sunyi dan eksklusif dengan diri kamu sendiri tanpa gangguan smartphone. Hobi dapat berperan besar untuk kebagiaan hidup kamu lho. Pasalnya, melakukan hobi merupakan hal yang menyenangkan dan membuat lupa akan detox media yang dilakukan.

4. Menghapus Aplikasi Media Sosial

Salah satu tips sebagai cara detox media sosial adalah dengan menghapus aplikasi. Menghapus aplikasi dapat membuat kamu tidak akan latah atau spontan menggunakan aplikasi tersebut. Perlu usaha untuk menginstallnya lagi yang membuat kamu berpikir dua kali untuk menggagalkan rencana detox media sosial.

5. Perbanyak Aktivitas Diluar 

Selain itu, salah satu tips detox media sosial adalah dengan memperbanyak aktivitas di luar bersama kerabat atau rekan kerja. Kamu bisa menemukan banyak support dari teman-teman di lingkungan kamu agar tidak terlena untuk bermain smartphone. Kemudian, dengan sering beraktivitas di luar bersama teman, kamu akan lebih banyak bonding dan tidak tertinggal informasi karena off media sosial.

6. Unduh Aplikasi Pendukung Detox

Terdapat aplikasi yang mendukung pembatasan penggunaan smartphone yang tentu membantu kamu dalam melakukan detox media sosial. Sejumlah aplikasi tersebut akan membatasi waktu yang dihabiskan untuk itu, dan mendoro kamu untuk melakukan kegiatan lain di smartphone.

Manfaat Detox Media Sosial

Detox media memiliki manfaat yang membuatnya sangat penting dilakukan untuk kalangan yang sudah kecanduan dan mengalami dampak buruk dari media sosial. SImak manfaatnya berikut ini:

  • Bermanfaat untuk kesehatan mental
  • Tidak resah akibat Fear of Missing Out (FOMO)
  • Menghargai waktu
  • Menjalin hubungan lebih dekat dengan teman
  • Memiliki banyak waktu yang lebih produkitf
  • Menyembuhkan obsesi terhadap media sosial

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga: 25 Twibbon Hari Pramuka 2023 Gratis-Keren, Plus Ucapan untuk Caption Medsos

TikTok Luncurkan Whee, Aplikasi Media Sosial Khusus Berbagi Foto

JariBijak.com - TikTok, platform media sosial populer, secara diam-diam merilis aplikasi baru bernama Whee...

Elaelo Media Sosial Lokal yang Diklaim Pengganti X dan Bikinan Pemerintah, Kini Tak Bisa Diakes

JariBijak.com - Baru-baru ini, muncul aplikasi bernama Elaelo yang diklaim sebagai buatan Pemerintah RI....

Serba-Serbi Tiket PRJ 2024: Info Harga dan Pembelian Online

JariBijak.com - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran 2024 resmi dibuka pada...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here