6 Tips Detoks Digital, Kurangi Waktu Main Media Sosial

JariBijak.com – Media sosial terkadang membuat pengguna lupa waktu karena terlalu sering menggunakan media sosial. Hal ini dapat menyebabkan pengguna mudah terdistraksi ketika mengerjakan tugas sehari-hari. Oleh karena itu, pengguna harus melakukan detoks digital.

Detoks digital mengacu pada kurun waktu ketika pengguna secara sukarela menahan diri dari menggunakan perangkat digital seperti smartphone hingga platform media sosial. Ada beberapa tips detoks digital yang bisa dilakukan pengguna.

Semakin banyak penggunaan gadget, umumnya pikiran pengguna akan semakin terdistraksi. Ini akan menyebabkan pengguna lambat menyelesaukan tugas yang diberikan.

Pengguna dapat membatasi informasi dan notifikasi pada gadget. Pembatasan tersebut bisa melalui detoks digital. Dilansir dari akun Instagram resmi Kemenkominfo pada Rabu (26/10/2022), berikut ini enam tips detoks digital:

1. Matikan notifikasi media sosial

Dengan mematikan atau menonaktifkan notifikasi media sosial, pengguna tidak akan terdistraksi lagi dengan chat yang masuk.

2. Unduh aplikasi hanya jika dibutuhkan

Banyaknya aplikasi akan membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan smartphone. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang tidak berguna dan unduh aplikasi hanya ketika aplikasi itu dibutuhkan.

Selain itu, banyaknya aplikasi yang diunduh juga akan membuat penyimpanan ponsel pengguna cepat penuh.

3. Berhenti langganan newsletter email yang tidak terlalu penting

Pengguna dapat berhenti berlangganan newsletter email yang tidak terlalu penting guna mengurangi waktu berinteraksi dengan internet.

4. Ambil waktu istirahat tanpa gadget

Pengguna harus beristirahat tanpa menggunakan gadget. Lakukan hal ini secara bertahap agar tidak terlalu sulit. Pengguna bisa mulai dari 10 menit tanpa menggunakan smartphone hingga satu jam.

5. Membaca buku

Pengguna dapat memperkaya informasi dengan membaca buku daripada bermain media sosial. Kegiatan ini juga membuat pengguna rehat sejenak dari menggunakan smartphone.

Baca Juga: Arti Kata Bestie yang Viral di Media Sosial

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here