5 Trik dan Cara Melihat Orang yang Stalking FB Kita

JariBijak – Dalam menggunakan media sosial, terkadang ada saja orang yang iseng atau dengan sengaja mengintip akun Facebook milik Anda. Kebiasaan stalking ini dilakukan untuk melihat aktivitas yang ada di akun Anda, baik itu postingan yang dibagikan maupun unggahan lainnya di linimasa.

Mengutip Verrywellmind, stalking adalah kata yang sering digunakan untuk bercanda. Contohnya, saat ada teman yang memberitahu bahwa ada seseorang yang stalking pada profil media sosial Anda dengan alasan beragam.

Walau demikian, kata stalking di dunia nyata memiliki makna yang kurang bagus. Alasannya karena  aktivitas semacam ini bisa menjadi kejahatan serius dan dapat menyebabkan konsekuensi yang mengerikan bagi para korbannya.

Sebenarnya sampai sekarang belum ada fitur di FB yang memungkinkan Anda untuk mengetahui orang yang sering mengintip akun Facebook Anda. Meskipun saat ini sudah banyak artikel yang mengulas cara melihat orang yang stalking FB kita, rata-rata cara tersebut belum terbukti efektif.

Hal ini bisa terjadi karena biasanya seseorang hanya ingin tahu siapa saja pengguna lain yang stalking pada akun FB miliknya. Bukan melihat seberapa banyak jumlah kunjungan di profilnya.

Singkatnya untuk saat ini Anda belum bisa mengetahui orang yang stalking pada akun Anda. Kendati demikian, Anda masih bisa mengikuti trik berikut ini sebagai cara melihat orang yang stalking FB kita. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Trik dan Cara Mengetahui Orang yang Sering Stalking FB Kita

Teknologi dan media sosial telah memudahkan siapapun untuk mengetahui informasi dasar hampir semua orang. Khususnya seperti Facebook, yang mana media sosial ini adalah sarana termudah jika seseorang ingin memata-matai Anda secara digital.

Facebook adalah media sosial yang sering digunakan oleh penggunanya untuk berinteraksi. Anda bisa mengunggah sebuah postingan, berkomentar, atau menyukai konten menarik yang ada di halaman beranda Facebook. Aktivitas seperti ini dapat dilihat oleh pengguna lain, terutama stalker yang selalu penasaran dengan kegiatan Anda di FB.

Untuk mengetahui stalker yang sering mengintip akun Facebook Anda, sayangnya hal tersebut belum bisa dilakukan. Sebab, saat ini Facebook tidak menyediakan fitur yang bisa dipakai sebagai cara melihat orang yang stalking di FB kita.

Meski begitu Anda masih bisa mencoba beberapa trik untuk melihat orang yang sering stalking fb berikut ini:

1. Pahami Tanda-tanda Seorang Stalker

Mendeteksi orang yang sering stalking FB kita caranya tidak sesederhana itu. Apalagi jika dia tidak menonjolkan diri atau meninggalkan jejak pada komentar dan tidak menyukai postingan di akun Anda.

Selain itu, Facebook juga tidak mengizinkan penggunanya melacak siapa yang melihat profil dan postingan Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Sebab, Anda masih bisa mengidentifikasi sendiri akun-akun lain yang stalking pada FB Anda.

Melansir Technipages.com, secara umum ada dua kategori orang yang bisa disebut sebagai stalker. Dua jenis stalker ini adalah akun pendiam yang tidak menonjolkan diri dan stalker yang tidak terlalu pendiam.

Untuk stalker yang jarang menonjolkan diri memang sangat sulit dideteksi. Sebaliknya, jika ada akun yang sering menekan tombol like atau meninggalkan komentar pada postingan, kemungkinan besar Anda masih bisa melacaknya.

Dari penjelasan di atas, trik dan cara melihat orang yang stalking FB kita salah satunya adalah memahami tanda-tanda apakah orang tersebut merupakan seorang stalker atau bukan.

2. Pastikan Siapa Saja yang Berteman dengan Anda di FB 

Kegiatan stalking di media sosial terutama Facebook, biasanya dilakukan oleh seseorang yang sering memeriksa aktivitas FB Anda ketimbang akun lainnya. Cara melihat orang yang stalking FB kita bisa dilakukan dengan memastikan apakah ada akun, selain teman Anda yang kerap mengunjungi FB Anda.

Metode ini sangat efektif apabila akun tersebut sangat jarang menonjolkan diri atau tidak meninggalkan jejak digital apapun, saat mengintip aktivitas akun Anda.

Singkatnya, apabila ada akun yang tidak berteman dengan Anda kemudian akun tersebut sering mengunjungi profil FB Anda, besar kemungkinan orang ini adalah stalker.

3. Pancing Stalker dengan Facebook Story

Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi orang yang sering stalking FB Anda adalah, dengan memancingnya menggunakan unggahan Facebook Story. Fitur ini memungkinkan Anda mengunggah cerita dan aktivitas yang bisa bertahan selama 24 jam.

Kabar baiknya adalah Anda dapat melacak siapa saja orang yang melihat cerita Anda. Untuk melihat apakah ada seorang stalker, Anda bisa menjalankan sebuah eksperimen sederhana. Unggah cerita baru setiap hari selama dua minggu. Kemudian, pastikan semua pengguna yang secara teratur melihat cerita Anda. Jika ada akun yang nampak mencurigakan, kemungkinan besar stalker adalah salah satunya.

4. Periksa Postingan Lama Facebook Anda

Seorang stalker umumnya akan meluangkan banyak waktu untuk melihat semua aktivitas Anda di Facebook. Ini artinya, Anda bisa memeriksa notifikasi apakah ada akun atau teman yang tiba-tiba berkomentar maupun menyukai postingan lama FB Anda.

Apabila ada seseorang tiba-tiba menyukai atau mengomentari kiriman dari bulan atau beberapa tahun yang lalu, itu bisa menjadi indikasi yang baik bahwa dia mungkin saja stalker Anda.

Selain metode di atas, cara melihat orang yang stalking FB kita yang bisa dilakukan adalah mencari tahu apakah ada orang yang menjadi anggota di banyak grup yang sama.

Salah satu ciri-ciri orang yang sering stalking FB kita adalah orang tersebut akan mengikuti ke mana-mana. Jika mereka melihat Anda bergabung dengan grup Facebook baru, mereka mungkin akan segera bergabung dengan grup yang sama. Periksa siapa yang terus muncul di grup tempat Anda menjadi anggota.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang Aman

Kiat terakhir sebagai cara melihat orang yang stalking FB kita yakni menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Meski ada sejumlah aplikasi dengan fitur ini, pastikan bahwa aplikasi tersebut aman digunakan. Artinya aplikasi tersebut tidak akan mengancam keamanan privasi dan data milik Anda.

Beruntung bagi pengguna ponsel iPhone, karena beberapa tahun kebelakang sudah ada fitur di iOS yang memungkinkan penggunanya bisa melihat siapa saja orang yang sering stalking di FB.

Nah, jika Anda pengguna iPhone simak cara melihat orang yang stalking FB kita di hp (handphone) berikut ini:

  • Buka aplikasi Facebook di hp iPhone.
  • Masuk ke menu Privacy.
  • Pilih Privacy Shortcuts.
  • Kemudian pilih Who viewed my profile.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya sampai stalker FB Anda terlihat.

Demikian pembahasan cara melihat orang yang stalking FB kita yang aman dan mudah dilakukan.

Baca Juga: 3 Langkah Mewaspadai Hoaks di Media Sosial

Samsung Perluas Jangkauan Fitur Galaxy AI ke Banyak Perangkat, Ini Daftarnya!

JariBijak.com - Samsung telah memperkenalkan inovasi luar biasa melalui fitur Galaxy AI yang pertama...

#BolehJugaSalmaSalsabil Jadi Bentuk Perayaan 1 Tahunnya Berkiprah di Industri Musik

JariBijak.com - #BolehJugaSalmaSalsabil, pada Kamis (23/5), Salma Salsabil merayakan momen berharga dalam kariernya di...

#usutkasusvina, Film Vina: Sebelum 7 Hari Raup 3 Juta Penonton, Polisi Beri Pesan Penting Ini

JariBijak.com - #usutkasusvina, Film "Vina: Sebelum 7 Hari" berhasil menarik perhatian penonton dan mencapai...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here