4 Manfaat Mengunci Privat Akun Media Sosial, Jadi Lebih Aman

JariBijak – Beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan Twitter memungkinkan penggunanya untuk mengatur akun menjadi dua jenis, yaitu akun biasa dan akun privat atau private account. Akun biasa bisa dilihat oleh semua orang namun akun privat lebih terbatas.

Fitur ini tentu dibuat bukan tanpa alasan. Dengan mengatur akun menjadi privat, maka ada kelebihan maupun kekurangan yang didapat. Hal ini karena jangkauan menjadi lebih sempit dan terbatas. Namun ini juga diperlukan bagi orang yang memerlukan ketenangan dan terjaganya privasi.

Berikut ini adalah 4 manfaat menggunakan akun privat di media sosial.

1. Membatasi Follower

Bagi banyak orang jumlah follower yang banyak adalah sebuah kebanggaan. Namun banyaknya follower juga bisa menjadi beban karena orang yang melihat konten kita menjadi semakin banyak. Apalagi jika banyak akun yang tidak kita kenal.

Oleh sebab itu, banyak orang yang suka ketenangan memilih mengunci privat akunnya agar bisa membatasi follower. Biasanya follower yang disetujui hanya yang benar-benar dikenal saja.

2. Membatasi Pemirsa Konten dan Komentar

Dengan membatasi follower, maka secara tidak langsung kita juga membatasi jumlah pemirsa atau orang yang melihat konten kita. Demikian juga dengan komentar. Hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat dan memberi komentar.

Hal ini tentu bisa membuat pengguna menjadi lebih tenang. Apalagi jika kita tidak ingin orang yang tidak kita kenal melihat konten kita dan sampai berkomentar. Kita juga tidak bisa mengatur orang lain untuk berkomentar dengan baik, tidak jarang komentar netizen justru membuat sakit hati.

3. Menghindari Bullying

Bullying tidak hanya bisa terjadi secara langsung. Media sosial juga menjadi tempat yang sering terjadi cyber bullying. Dengan mengunci akun menjadi privat, maka kita bisa menghindari cyber bullying. Hal ini karena kita membatasi orang yang bisa melihat dan berkomentar di konten kita.

4. Pesan Pribadi Lebih Terkontrol

Pernah mendapat pesan tidak jelas dari orang yang tidak kita kenal? Hal ini bisa kita hindari dengan mengunci akun menjadi privat. Hal ini karena orang yang bisa mengirim pesan pribadi atau direct message jadi terbatas, yaitu orang-orang yang kita setujui untuk menjadi follower.

5. Menghindari Kejahatan Siber

Kejahatan siber sering terjadi di media sosial, mulai dari penipuan hingga penggunaan data pribadi. Oleh sebab itu, mengunci akun menjadi privat bisa mengurangi potensi itu. Misalnya mengurangi potensi penipuan karena orang tidak bisa sembarang mengirim pesan. Selain itu, konten juga lebih aman karena hanya dilihat oleh orang-orang tertentu saja, meskipun tidak menjamin sepenuhnya aman.

Demikian 4 manfaat dari mengunci akun menjadi privat. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Ini Dampak dari Oversharing di Media Sosial

Mau Update iOS 18 Beta 1 di iPhone? Ikuti Langkah Mudah Ini!

JariBijak.com - Apple baru saja mengumumkan iOS 18 di ajang bergengsi Worldwide Developer Conference...

Jenis iPhone yang Kebagian iOS 18, Auto Bisa Rasakan Fitur Baru dari Apple

JariBijak.com - Apple resmi meluncurkan iOS 18 dalam acara tahunan Apple Worldwide Developers Conference...

Apple Intelligence: Lompatan Besar Apple Menuju AI Generatif dengan Privasi Tinggi

JariBijak.com - Apple memperkenalkan Apple Intelligence, inisiatif besar yang telah lama ditunggu-tunggu untuk menyelami...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here